Home / Berita / Langkah Kemenhub Gandeng BKPM Disebut Strategis

Langkah Kemenhub Gandeng BKPM Disebut Strategis

Jakarta, sketsindonews – Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong mengapresiasi langkah Kemenhub menggandeng BKPM, serta menyebut bahwa langkah tersebut merupakan langkah yang strategis. Hal ini mengingat bahwa BKPM merupakan salah satu dari tiga peserta Pusat Kerjasama Pemerintah Swasta (Public Private Partnership Center / PPP Center).

Adapun dua lembaga lain yang menjadi anggota PPP Center adalah Kementerian Keuangan dan Kementerian Perencanaan Pembangunan nasional/Bappenas.

“Setelah ini pasti langsung kami hubungi mitra-mitra kami di PPP Center yakni Kementerian Keuangan dan Bappenas, supaya bisa kita pelajari proyek-proyek dan wacana yang ditawarkan Kemenhub yang mana yang cocok untuk PPP atau PINA (Pembiayaan Investasi Non Anggaran Pemerintah),” ucap Thomas saat Jumpa Pers Persiapan ASEM TMM ke-4, di Ruang Kutai, Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (18/9).

Mengenai prospek investor yang akan berinvestasi, Thomas mengatakan hal itu tergantung dari wilayah asal investor tersebut.

“Investor prospektif tergantung dari wilayah. Kalau dari Eropa perkiraan kami yang menjadi investasi adalah dana pensiun dan asuransi, tapi kalau dari Tiongkok atau dari Jepang itu lebih konglomerat, atau bisa BUMN mereka seperti BUMN Tiongkok atau Government Link dari Jepang. Jadi memang masing-masing wilayah berbeda investornya,” tutur Thomas.

Seperti diketahui, Asia-Europe Meeting Transport Minister Meeting (ASEM TMM) yang berlangsung di Westin Resort Hotel Nusa Dua Bali, 26-28 September 2017 mendatang; merupakan pertemuan Menteri Transportasi Asia-Eropa yang keempat.

Dari 51 negara yang diundang, 18 Menteri Transportasi menyatakan kesediaannya untuk hadir. Adapun Menteri Transportasi yang telah konfirmasi hadir berasal dari Eropa diwakili UK, Rusia, Latvia, Hungaria, Luxembourg, Polandia, sedangkan dari Asia yaitu Malaysia, Filipina, Singapura, Myanmar, Laos, Mongolia, Kambodia, Jepang, China, Korea, India dan Brunei Darusalam.

Sementara itu 2 organisasi nasional yang hadir adalah European Commissioner for Mobility and Transport dan ASEAN Deputy Secretary General.

(*/Eky)

Check Also

Gerindra: Impor Jagung Memang Turun Tapi Malah Impor Gandum Besar-Besaran

Jakarta, sketsindonews – Pernyataan Capres Joko Widodo dalam debat publik kedua kemarin tentang kesuksesannya menurunkan …

Watch Dragon ball super