Home / Berita / Latihan Kesiapsiagaan Operasional Tahun 2017 Kohanudnas
Kolonel Pnb Palito Sitorus saat membacakan sambutan Pangkohanudnas pada acara pembukaan Latihan Kesiapsiagaan Operasional Kohanudnas TA. 2017 di Aula Leo Wattimena Makohanudnas Halim Perdanakusuma, Jakarta Senin (6/11). (Foto: Kapen Kohanudnas)

Latihan Kesiapsiagaan Operasional Tahun 2017 Kohanudnas

Jakarta, sketsindonews  Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) menggelar Latihan Kesiapsiagaan Kohanudnas TA. 2017 bertempat di Aula Leo Watimena Makohanudnas Halim Perdanakusuma, Jakarta Senin (6/11). Acara pembukaan Latihan Kesiapsiagaan Kohanudnas ini dihadiri oleh, para Pejabat Kodiklat (Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan) TNI dan Kohanudnas serta seluruh staf pelaku dari Kohanudnas beserta jajaran.

Latihan berlangsung selama empat hari ke depan dengan dua metode yaitu geladi Posko dan geladi lapangan. Geladi posko selama dua hari di Aula Leo Wattimena Makohanudnas bertujuan penyusunan naskah latihan, sedangkan geladi lapangan selama dua hari di Makassar dan di Kupang sebagai wilayah Kosekhanudnas II. Tema Latihan adalah “Kohanudnas melaksanakan Operasi Pertahanan Udara guna mencegah, menangkal dan menanggulangi setiap bentuk gangguan dan ancaman udara  di wilayah yuridiksi nasional dalam rangka mendukung tugas pokok TNI“.

Dankodiklat TNI Mayjen TNI Agung Risdhianto,M.B.A. yang bertindak selaku Direktur Latihan (Dirlat) dalam sambutannya mengatakan,”seperti kita ketahui bersama negara kita memiliki wilayah yang sangat luas. Oleh karena itu, kita dituntut memiliki kemampuan untuk dapat menjaga dan menegakan kedaulatan NKRI, melalui uji dan latihan ini akan dapat dilihat sejauh mana kemampuan personel Kohanudnas dalam melaksanakan operasi mengatasi pelanggaran wilayah udara yuridiksi nasional, kesiapan sarana dan prasarananya”, tegasnya.

Sementara Panglima Kohanudnas mengatakan, Latihan Kesiapsiagaan Kohanudnas 2017 merupakan perwujudan dari tugas pokok TNI pada aspek pertahanan udara yaitu menjaga kedaulatan negara wilayah udara yuridiksi nasional dari berbagai kemungkinan ancaman dan gangguan yang akan terjadi. Sebagai salah satu kotama ops TNI, Kohanudnas juga mengelar latihan ruti kesiapan operasional tiap tahun dibawaj superpisi Kodiklat TNI”, katanya.

Latihan Kesiapsiagaan Kohanudnas TA. 2017 ini  melibatkan satu flight pesawat  tempur buru sergap F-16, pesawa tempurT-50 i , Pesawat B-737 dan Foker-28 serta pesawat C-130, Kohanudnas (Popunas dan Komlek), Kosekhanudnas I, Satrad 211/TKT,Satrad 214 TGL, Satrad 215 CGT, Kosekhanudnas II, Satrad 221/NLI, Satrad 222/PLO, KRI berkemampuan Hanud , Arhanudse 8 serta Lanud Halim P.K Jakarta, Lanud Iswahyudi Madiun dan Lanud Abdurahman Saleh Malang.

(*/Eky)

Check Also

Nurhasan Inisiasi Konflik Pembebasan Lahan Pelabuhan Patimban Menjadi Prioritas Nasional

Subang, sketsindonews – Rombongan kunjungan kerja spesifik dari komisi V DPR RI, didampingi oleh kementerian perhubungan, kementerian PU, dirjen perhubungan laut, dan lainnya sampai di Pelabuhan Patimban, Subang, Jumat (22/9), kedatangan mereka disambut langsung oleh PLT Bupati Subang.

Tujuan kunjungan spesifik ini yaitu memastikan berjalannya segala perangkat dalam pembangunan pelabuhan Patimban. Pelabuhan ini diharapkan dapat memberi support pada pelabuhan Tanjung Priok.

Kunjungan ini diinisiasi oleh anggota DPR RI di dapil tersebut, yaitu Nurhasan Zaidi. Ia menyebutkan pembangunan ini berpotensi meningkatkan perekonomian jangka panjang masyarakat Subang.

“Jelas meningkatkan ekonomi, namun hal penting dan tujuan saya pribadi datang kesini yaitu untuk menyelesaikan konflik pembebasan lahan,” ujarnya.

Masyarakat mengeluhkan harga pembebasan lahan yang kurang layak. “Saya anak petani disini merasa harga yang diajukan sangat murah,” kata salah satu warga.

Nurhasan menyepakati dan menanggapi bahwa harga Rp. 300 ribu itu tidak pantas ditukar dengan lahan disini yang sangat subur.

“Kami sepakat dengan modernitas, namun masyarakat harus tetap jadi prioritas, insya Allah kami akan perjuangkan sekuat tenaga” tambah politisi PKS ini.

Hasil dari kunjungan ini akan dibawa pada pembahasan terakhir di DPR, sebagai keputusan final. “Kunjungan ini saya inisiasi dan semoga masyarakat melihat keseriusan kami yang ingin menyelesaikanya,” tambah Nurhasan.

“Kami mengubah jadwal yang sebelumnya ke Lombok menjadi ke Patimban karena kami sudah jadikan ini sebagai prioritas nasional,” tutup Nurhasan.

(Red)

Terkait

Watch Dragon ball super