Home / Berita / Latihan Perkasa Tahun 2017 Kohanudnas Selesai
Kas Kohanudnas Marsma TNI Tamsil Gustari Malik saat menutup secara resmi Latihan Hanud Perkasa “B” dan “D” TA 2017 melalui video conference (vicon) bertempat di Ruang Yudha Popunas Kohanudnas, Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa (1/8).

Latihan Perkasa Tahun 2017 Kohanudnas Selesai

Jakarta, sketsindonews – Bertempat di Ruang Yudha Popunas (Pusat Operasi Pertahanan Udara Nasional) Markas Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas), Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa (1/8). Panglima Kohanudnas Marsda TNI Yuyu Sutisna, S.E, M.M., yang diwakili Kas Kohanudnas Marsma TNI Tamsil Gustari Malik secara resmi menutup Latihan Hanud Perkasa “B” dan “D” Tahun Anggaran 2017 melalui video conference (vicon) dengan Marsma TNI Ir. Teddy Rizalihadi, S.T., Panglima Kosekhanudnas II Makassar dan Marsma TNI H. Dumex Dharma, S.AP., M.Si., Kosekhanudnas IV Biak.

Latihan Perkasa “B” dan “D” merupakan Latihan Pertahanan Udara (Hanud) kelanjutan dari Latihan Kilat dan Cakra, yang dilaksanakan Kohanudnas untuk menghadapi ancaman nyata di wilayah udara Kosekhanudnas II dan IV, melalui uji aplikasi piranti lunak serta kesiapan Kosekhanudnas II dan IV serta jajarannya dalam menghadapi kontijensi guna mewujudkan Sistem Hanudnas yang handal.

Dalam vicon tersebut, Kaskohanudnas Marsma TNI Tamsil Gustari Malik sebagai Wadirlat didamping pejabat Markas Kohanudnas berkomunikasi melalui vicon dengan Pangkosekhanudnas II dan Pangkosekhanudnas IV beserta staf dan unsur tempur sergap di Lanud Timika.

Pangkohanudnas menegaskan melalui latihan profesionalisme tugas dapat diukur tujuan latihan adalah meningkatkan sistem pengamatan dan penangkalan terhadap setiap bentuk ancaman kekuatan udara asing di wilayah timur NKRI.

“Juga untuk meningkatan kesiapsiagaan Kosekhanudnas II dan IV beserta unsur opersional jajarannya seperti unsur tempur sergap, Radar, Dahanud, KRI serta Hanud pasif dalam menghadapi kontijensi di wilayahnya, sehingga secara riil akan tercapai kesiapan operasional unsur-unsur tersebut dalam Hanudnas di wilayah timur NKRI,” jelasnya.

Panglima Kohanudnas menekankan seluruh unsur yang terlibat agar selalu mengutamakan keselamatan kerja, safety yang pertama dan memanfaatkan kegiatan latihan dengan maksimal untuk mencapai keterampilan dan keprofesionalan dalam tugas. Disampaikan juga harapan agar latihan nantinya dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Sedangkan Asisten Operasi Kohanudnas yang juga Kawasdal Kol Pnb Djoko Hadipurwanto, menyatakan tahapan Latihan Hanud Perkasa “B” dan “D” meliputi perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengakhiran, berlangsung selama sekitar 29 hari. Tema latihan adalah ‘Kosekhanudnas II dan Kosekhanudnas IV beserta satuan jajarannya siap melaksanankan operasi pertahanan udara terpadu dengan satuan Hanud kewilayahan di wilayah udara bagian timur NKRI dalam rangka mendukung tugas pokok TNI’.

(Eky)

Check Also

“Dilaporkan”, Anak Sekolah Teriak 2019 Ganti Presiden

Jakarta, sketsindonews – Direktorat Hukum & Advokasi TKN Jokowi-KH. Ma’ruf Amin tanggapi serius adanya pelibatan …

Watch Dragon ball super