Home / Artikel / Layanan Biduk di Lokasi Apartemen, Pihak WNA Terperiksa Lebih Terbuka

Layanan Biduk di Lokasi Apartemen, Pihak WNA Terperiksa Lebih Terbuka

Jakarta, sketsindonews – Pelaksanaan Binaan Kependudukan (Biduk) Sudin Dukcapil Kota Jakarta Pusat pada kegiatan yang ke – 9 dilokasi Apartemen Residences Thamrin City, Balai Warga P9 RW 06 Kelurahan Kebon Melati Tanah Abang Jakarta Pusat tadi sore (12/9).

Dari 11 titik yang direncanakan terpusat bukan hanya berlaku di pemukiman padat, namun juga pada titik lokasi Mall, Apartement, serta Rusun sebagai program jemput bola pelaksanaan biduk dengan sasaran WNI dan WNA.

Dalam keterangan Kasudin Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jakarta Pusat Remon Masadian menjelaskan, kali ini dalam giat biduk di Apartemen Residence Thamrin City, hasil layanan mencakup hasil terperiksa WNI sebanyak 175 orang, sedangkan WNA 34 orang, ujarnya.

Dari pemeriksaaan yang melibatkan unsur terkait baik pihak Imigrasi, Sudin Tenaga Kerja serta unsur lainnya terleriksa 21 diantaranya WNI dengan pihaknya langsung mengeluarkan Surat Keterangan Domisili Ssmentara (SKDS). Berlanjut terdata WNA sebanyak 34 orang.

Pemeriksaan WNA adalah warga DKI atau daerah yang tinggal di Jakarta untuk kami data dalam keterangan, sementara WNA kami lakukan koordinasi terhadap warga asing secara detail dsngan dengan pemgisian form yang ada untuk diketahui secara administratif hingga pemeriksaan dokumen, jelas Remon.

Dari kegiatan yang sudah ada kata Remon, ada peningkatan dalam layanan keterbukaan dari pihak pengelola baik warga yang tinggal di rusun dan apartemen.

Tidak seperti tahun lalu, dimana pihaknya untuk masuk pada apartemen secara inkklusif sedikit terhambat karena pihak pengelola kurangnya kooperatif.

Dengan kondisi ini kami merubah pola  Sudin Dukcapil bersama aparatur lainnya mengundang mereka untuk menjelaskan pada pihak pengelola sehingga data dari pihak pengelola sesuai data dalam pelaksanaan giat biduk benar – benar signifikan sesuai data yang diperoleh.

Remon menambahkan, kasus WNA banyak diketemukan karena mereka benar – benar tinggal di Indonesia karena bekerja sehingga dengan kordinasi (sosialisasi) awal mereka sangat terbantu setelah mereka memahami dari pelayanan biduk yang kami laksanakan di lokasi kumpulnya orang asing.

Model kordinasi dengan sosialisasi yang intensif dalam dalam pelaksanaan biduk secara langsung dengan keterbukaan kepada pengelola tim pendamping baik security, staff management serta pihak lainnya (7 orang) dalam tugas sangat efekti, papar Remon

Sebelumnya kegiatan layanan biduk dilakukan apel langsung dihadiri oleh Wakil Walikota Jakarta Pusat Bayu Megantara, Kadis Dukcapil Pemprov DKI Edison Sianturi, Camat Tanah Abang Dedi Arif Darsono, Lurah Kebon Melati Dedi Budianto, Satpol PP, TNI Polri serta Satpol PP Kecamatan.

reporter : nanorame

 

 

 

 

Check Also

Fokus Bangun Ekonomi Kerakyatan, Milasari Siap Tingkatkan Jumlah Lapangan Pekerjaan

Jateng, sketsindonews – Caleg DPR RI No. Urut 1 Dapil 6 Jateng dari Partai Berkarya …

Watch Dragon ball super