Home / Profile / Komunitas / Dirgahayu LBH Tri Dharma Indonesia

Dirgahayu LBH Tri Dharma Indonesia

Saat Garuda Keadilan Mengepakkan Sayapnya,
Lahirlah para Panglima Keadilan di Seluruh Penjuru Bangsa,
Melepas jerat Ketidak adilan pada Rakyat,
Menuju Daulat Rakyat yang bermartabat,
Dirgahayu LBH Tri Dharma Indonesia!

Tegal, sketsindonews – Dua tahun lalu, tepatnya pada tanggal 23 November 2015, anak-anak muda jebolan Konsolidasi Mahasiswa Nasional Indonesia (KOMANDO) berkumpul. Mereka membicarakan kegelisahannya atas keadaan Bangsa. Anak-anak muda itu adalah mereka yang lahir dari dunia aktivis dari berbagai kampus yang secara langsung melihat realita masyarakat dan tidak jarang mereka berbenturan langsung dengan kuasa ketidak adilan dan kesewenang-wenangan. Mulai dari lingkungan kampus, lingkungan masyarakat, dan kebijakan pemerintah yang tidak berdasarkan pada kaidah kemanusiaan.

Tanggal 23 November ini menjadi momentum terakumulasinya gagasan sekaligus menjadi momentum sejarah karena melalui diskusi khidmat maka disepakatilah pembentukan bahtera keadilan dalam organ Lembaga Bantuan Hukum Tri Dharma Indonesia.

Lembaga Bantuan Hukum menjadi alat perjuangan sekaligus sebagai rumah keadilan bagi Masyarakat Miskin yang mencari keadilan. Ia merupakan jawaban dari jeritan Rakyat miskin yang seringkali ditindas oleh praktek-praktek ketidakadilan hukum hingga muncul pesimisme rakyat bahwa “Hukum Tumpul ke Atas dan Tajam ke Bawah”.

Kondisi inilah yang nantinya akan memacu motor perjuangan LBH untuk mengerahkan segala daya juang dalam upaya menjadikan Hukum sebagai Panglima di Negeri ini dan sebagai kepanjangan Tuhan di muka bumi untuk menegakkan Keadilan secara totalitas.

Tri Dharma bermula atas makna latar belakang falsafah perjuangan kaum Intelektual-moral dalam lingkungan ruang pendidikan kampus yakni Akademik, Penelitian dan pengabdian. Maka kader LBH Tri Dharma Indonesia sudah mempunyai falsafah perjuangan Tri Dharma tersebut untuk selalu dipegang teguh dalam rangka perjuangan penegeakkan keadilan.

Dua Tahun sudah LBH ini berdiri, sudah nampak pula konsistensi LBH Tri Dharma Indonesia ini berseti bersama Rakyat dalam penegakkan keadilan. Ketika pola pikir Pragmatisme berkembang pesat di sebagian besar ruang organisasi nirlaba, namun LBH-TI ini konsisten hadir bersama Rakyat miskin mengemban amanah perjuangan tanpa berharap lain selain Keadilan.

Hal ini perlu menjadi kebanggan bersama dan kepemilikan bersama bagi para pejuang Idealis. Meski Tan Malaka Bilang Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimili pemuda, namun hal ini musti di bantah dan di buktikan bahwa ke depan dan sampai kapanpun untuk LBH-TI tidak akan pernah menurunkan tensi Idelisme Perjuangan kepada Rakyat.

Anak-anak muda Tegal yang sudah lama tergabung dalam jaringan perjuangan menjadi salah satu kelompok yang menangkap semangat perjuangan LBH-TI ini. Hingga pada tanggal 1 oktober 2016 resmi berdiri LBH-TI Cabang Tegal. Lahirnya LBH-TI Cabang Tegal ini nyaris tanpa pesta ataupun perayaan ini disambut baik oelh masyarakat perindu keadilan.

Berbagai persoalan demi persoalan masyarakat satu persatu menjadi bakti perjuangan LBH-TI Cabang Tegal dan terselesaikan. Seperti persoalan advokasi Pedagang OW. Pantai Alam Indah dan Pasar Pagi yang nyaris digusur, seniman jalan angklung yang menjadi bulan-bulanan pemerasan aparat, mengadvokasi Rakyat miskin di bidang kesehatan, dan berbagai persoalan rakyat miskin lainnya baik dalam advokasi Litigasi maupun Non Litigasi dapat terselesaikan dengan baik. Hingga hari ini, Rumah Perjuangan LBH-TI Cabang Tegal di Jl Mejabung Kota Tegal masih menjadi idola rakyat miskin yang mencari Keadilan.

Di masa yang akan datang, tentu komplesitas persoalan semakin banyak. Maka jangkauan perjuangan, kaderisasi para pejuang Hukum harus terus digalakkan demi terwujudnya keadilan di segala bidang. Maka ke depan masih banyak yang harus dikerjakan bagi LBH-TI ini, namun keyakinan kita bersama bahwa LBH TI ini akan terus berkembang, maju, dan trues menjadi payung pelindung Keadilan Rakyat.

Maka pada akhirnya kami segenap pengurus, dan keluarga besar LBH-TI Cabang tegal mengucapkan :

“DIRGAHAYU LBH TRI DHARMA INDONESIA”

Teruslah berjuang, Setia bersama Rakyat, dan jangan turunkan tensi Idelaisme sedikitpun.
Salam Hangat.

Oleh: Desky Danu Aji – Direktur LBH Tri Dharma Indonesia Cabang Tegal

Check Also

Pawai Rakyat Kemerdekaan Kebon Kosong, Siapa Kita….

Jakarta, sketsindonews – Pawai Kemerdekaan Kelurahan Kebon Kosong Kecamatan Kemayoran di gelar setelah 20 tahun …

Watch Dragon ball super