Home / Artikel / Lurah Camat di Minta Lakukan Pemetaan PAUD, RPTRA Belum di Maksimalkan

Lurah Camat di Minta Lakukan Pemetaan PAUD, RPTRA Belum di Maksimalkan

Jakarta, sketsindonews – Walikota Jakarta Pusat Bayu Menghantara saat rapim mengulas poin arahan Gubermur DKi Jakarta Anies Baswedan terhadap 6 point persoalan satu diantaranya pembentukan PAUD di tingkat Kelurahan dan Kecamatan untuk segera dilakukan pemetaan pembentukan.

Menurutnya, Lurah Camat harus sudah memulai melakukan pembentukan PAUD baik di tingkat RT/RW selain merangkul para penggiat Pemdidikan temasuk mahasiswa untuk menjadi volunteer, ujarnya. (19/2)

Lurah Camat harus sudah bisa berkordinasi dengan pihak Himpaudi dalam mewujudkan PAUD di wilayah sehingga ini merupakan investasi
pendidikan dini di usia Golden Age bagibl kepentingan masyarakat.

Melakukan kebiasaan dalam merubah harus sedini mungkin di lakukan apalahi masyarakat sekarang ini yang dinamis untuk diarahkan secara positif, jelasnya.

Bagaimana RPTRA Taman Edukasi Anak

Pakar Komunikasi Anak Danang Sasongko menyatakan, wacana kantor swasta bagi PAUD dan TPA satu hal positif, namun dirinya kurang setuju bila kantor pelayanan publik (Kecamatan, Kelurahan) di jadikan tempat PAUD atau TPA, sebuah kantor layanan publik dimanfaatkan bagi warga pekerja untuk lebih menitipkan anaknya secara aman, ujarnya.

Kantor pelayanan itu kan khusus untuk melayani hal substansi kebutuhan warga secara administratif, bisa di bayangkan jika itu di jadikan interaksi anak serta kumpulnya emak – emak, itu akan terjadi pada pelaksanaan telhnis di lapangan.

Ada Anak, pasti ada emak – emak yang menghantarkan sang anak selain wara – wiri hingga ke lantai dan menjadi ajang komunikasi antar emak – emak, ucapnya.

Kenapa prioritas itu tak di manfaatkan pada fungsi RPTRA (Ruang Publik Taman Ramah Anak) yang sudah ada secara infrastruktur layak dan hanya tinggal di kembangkan lebih fokus sebagai interaksi edukasi anak (PAUD, TPA), jelas Danang.

Secara terpisah salah satu lurah mengatakan, faktor kesulitan ruangan Kantor Lurah dan Kecamatan dalam mencari lokasi ruang kosong juga menjadi faktor untuk pembuatan PAUD atau TPA.

Karena ruang kantor kami sudah terisi oleh kebutuhan space pelayanan publik yang di peruntukan bagi kebutuhan kantor bermitra dengan pemda DKI, misal LMK, FKDM, PKK, Panwas, PPK dan OK OC.

Kami pun belum menjajaki Kantor swasta di lingkungan terkait pemanfaatan bagi TPA/PAUD kesedian pihak swasta, tapi di yakini ini tentunya tak mudah untuk mencari lokasi di titik penduduk, ucap Lurah.

nanorame

Check Also

Kelanjutan Ijazah Palsu, MA Pastikan Telah Mengirim Salinan Putusan Ke Pengadilan Jaktim

Jakarta, sketsindonews – Kembali mendatangai Mahkamah Agung (MA) untuk mempertanyakan kelanjutan kasus ijazah palsu Sekolah …

Watch Dragon ball super