Home / Berita / MAKI Challenge Kejaksaan di Kasus PT Asabri

MAKI Challenge Kejaksaan di Kasus PT Asabri

Jakarta, sketsindonews – Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia alias MAKI, Bonyamin Saiman. Menchallenge pihak penyidik pidana khusus pada Kejaksaan Agung, berani menetapkan TK sebagai tersangka dugaan korupsi di PT Asabri. Jika dalam penyidikan korps Adhyaksa telah menemukan dua alat bukti.

Termasuk apabila dalam kasus tersebut penyidik menerapkan pasal tindak pidana pencucian uang atau TPPU.

“Maka TK semestinya dapat diduga sebagai pelaku pasif sebagaimana ketentuan Pasal 3, 4 dan 5 UU TPPU,” ujar Boyamin kepada sketsindonews.com, Senin (15/2/21) melalui pesan elektronik.

Meski demikan, Boyamin apatis akan keberanian penyidik yang bertugas di gedung bundar Kejagung. “Semoga Kejagung berani menetapkan TK sebagai Tersangka jika ditemukan dua alat bukti,” pungkas dia.

Sebelumnya kuasa hukum Tan Kian, Andi Simangunsong menepis kabar dugaan soal keterkaitan kliennya dengan PT Asabari yang saat ini tengah dilakukan penyelidikan oleh Kejaksaan Agung soal dugaan korupsi sebesar Rp23,73 triliun.

“Tan Kian itu cuma saksi, dan dia tidak dituding oleh Kejagung, cuma dipanggil saksi. Semua transaksi Tan Kian itu transaksi bisnis yang sah dan wajar,” ucapnya saat dikonfirmasi, Minggu (14/2/21).

Seperti dilansir Bisnis.com, penyidik Kejaksaan Agung menemukan adanya aliran dana dari tersangka Benny Tjokrosaputro kepada pengusaha bernama Tan Kian terkait kasus korupsi PT Asabri.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung, Febrie Adriansyah menyebut, tim penyidik Kejagung sudah mengonfirmasi hal itu kepada Tan Kian, untuk memastikan aliran dana dari tersangka Benny Tjokrosaputo kepada Tan Kian tersebut terkait kasus korupsi PT Asabri atau tidak.

“TK (Tan Kian) itu diperiksa adanya beberapa aliran uang dari Benny Tjokrosaputro,” tuturnya, Sabtu (13/2/2021).

Kendati demikian, Febrie tidak menjelaskan lebih jauh mengenai peran Tan Kian dalam perkara tindak pidana korupsi PT Asabri itu.

Menurutnya, Tan Kian hanya diperiksa dalam kapasitas sebagai saksi untuk tersangka Benny Tjokrosaputro terkait kasus korupsi PT Asabri.

“Sedang kita teliti dulu, itu termasuk pencucian uang atau bukan,” katanya.

(Sofyan Hadi)

Check Also

Dit Reskrimsus Polda Kepri Amankan Seorang Pelaku Penyebar Berita HOAX Dan SARA

Batam, sketsindonews – Tim Opsnal Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Kepri berhasil mengamankan seorang pelaku …

Watch Dragon ball super