Back

Media Terpercaya

MAKI: “Penunjukan Delapan Platform Digital Tertutup”

Bogor, sketsindonews – Pelibatan delapan mitra platform digital dalam pelaksanaan program kartu pra kerja. Mendapat sorotan dari lembaga swadaya masyarakat yakni Masyarakat Anti Korupsi Indonesia atau MAKI.

Pasalnya, MAKI, hari ini telah melayangkan surat kepada lembaga anti rasuah, agar mengawal dan mencegah korupsi atas proyek kartu pra kerja tahun 2020 anggaran sebesar Rp5,6 triliun.

“Kami saat ini belum melaporkan dugaan korupsi dikarenakan belum terjadi pembayaran secara lunas terhadap proyek ini sehingga belum terjadi kerugian negara. Namun demikian kami tetap meminta KPK mengawalnya karena kedepannya berpotensi korupsi karena besarnya anggaran dan jenis pekerjaan yang sulit diukur,” ujar Koordinator MAKI, Boyamin Saiman dalam keterangan tertulis yang diterima sketsindonews.com, Kamis (23/4/2020) sore.

Untuk dikerahui delapan mitra platform yang dilibatkan oleh pemerintah yakni: Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Ruang Guru, Sekolahmu, Tokopedia, Pijar Mahir, dan Sisnaker.

Dalam warkat itu MAKI menduga ada empat poin yang berpotensi korupsi. Yaitu, dugaan akan terjadi pemahalan harga (Mark up) sebesar Rp. 2,58 trilyun; terdapat dugaan salah perencanaan, tidak efisien serta tidak tepat sasaran sehingga sulit pertanggungjawaban hasilnya secara rill dan terukur.

Diduga penunjukan kontraktor delapan perusahaan mengarah monopoli atau praktek usaha tidak sehat. “Terakhir, sumber pendanaan tidak ada dasar hukumnya,” ulas Boyamin.

Selain itu kata dia, ketika ditelusuri, pada laman Skillacademy milik Ruangguru misalnya, terdapat paket pelatihan ojek online seharga Rp 1 juta, yang didiskon dari harga asli Rp 3,82 juta.

Paket tersebut terdiri atas pelatihan perencanaan keuangan untuk pekerja harian lepas dengan harga Rp100.000 Kemudian pelatihan customer service, semisal menguasai teknik pelayanan dengan harga Rp200.000, dan percakapan bahasa Inggris dasar Rp 100.000, “Kemudian ada juga pelatihan teknik pengelola stres agar kerja bisa lebih produktif Rp 200.000,” ujarnya.

Selain itu, di dalam paket tersebut juga ada pelatihan manajemen waktu agar kerja lebih produktif Rp 200.000 dan tenang di hari tua, siapkan dana pensiun dari sekarang Rp 200.000.

“Hampir seluruh kelas tersebut diisi oleh trainer dari Ruangguru maupun dari SkillAcademy,” beber dia lagi.

Adapun pada laman maubelajarapa.com, beberapa kelas untuk kartu prakerja meliputi webinar belajar membuat kroket ayam keju yang dihargai Rp 400.000 yang diberikan oleh Baking World, paket webminar belajar mengenai google ads dan google Analytics Rp 450.000 hingga Paket 4 sesi webminar belajar menciptakan pelayanan unggul untuk mencapai kepuasan pelanggan yang diadakan oleh Paradigm. Paket tersebut dibanderol harga Rp 800.000.

Pada platform sekolah.mu, terdapat kelas promote Business Using Instagram oleh Data Academy yang dibanderol Rp 990.000 hingga Belajar Programming: Intro to Website yang dibanderol harga Rp 600.000 dengan durasi kelas 5 jam.

Boyamin menduga proses penunjukan delapan perusahaan penyedia jasa dilakukan secara tertutup dan memungkinkan terdapat perusahaan yang tidak memenuhi kualifikasi dikarenakan tidak ada pengumuman persyaratan administrasi dan teknis untuk mengerjakan proyek kartu pra kerja.

“Bahwa berlakunya Perppu No. 1 tahun 2020 tentang Corona berlaku pada tanggal 31 Maret 2020, sedangkan proyek ini dimulai pada tanggal 20 Maret 2020 sehingga patut dipertanyakan sumber dana dan dasar hukumnya,” tutup Boyamin.

(Sofyan Hadi)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.