Home / Berita / MAKOHANUDNAS Adakan Simulasi Penanggulangan Kebakaran

MAKOHANUDNAS Adakan Simulasi Penanggulangan Kebakaran

Jakarta, sketsindonews – Kepala Staf Kohanudnas Marsma TNI Arif Mustofa didampingi oleh para asisten Markas Kohanudnas mengikuti pelaksanaan simulasi penanggulangan kebakaran di Markas Kohanudnas. Kegiatan ini merupakan Program Kerja Denma Markas Kohanudnas bekerjasama dengan Sub Seksi Base Resque Dinas Operasi Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, dimulai dengan materi penjelasan disampaikan Serma Subiyadi anggota Sub Seksi Base Resque Lanud Halim Perdanakusuma di stadion Labda Prakasa Nirwikara Markas Kohanudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur Rabu, (9/5).

Dalam penjelasannya Serma Subiyadi menyampaikan beberapa hal penting yang berkaitan dengan peristiwa terjadinya kebakaran, diantaranya kurangnya kesadaran tiap individu dalam mencegah terjadinya kebakaran.

Beberapa hal dapat dilakukan untuk mencegah diantaranya tidak membuang puntung rokok di sembarang tempat dan mematikan api secara benar saat membakar sampah.

Ditambahkan suhu yang terlalu panas dan adanya percikan api pada jaringan listrik juga dapat memicu terjadinya kebakaran.

Sedangkan Kepala Staf Kohanudnas Marsma TNI Arif Mustofa menyampaikan, “Untuk menangani bahaya kebakaran diantarannya tidak panik saat terjadi kebakaran, namun tetaplah berusaha sebisa mungkin untuk mematikan api sebelum meminta pertolongan kepada orang lain, tegasnya.”

Dalam simulasi kebakaran tersebut menggunakan alat tradisional berupa karung goni yang dibasahi dengan air, drum yang diisi dengan bensin dan cairan yang mudah terbakar, selain itu juga disimulasikan cara penggunaan alat modern yang berupa Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

(Eky)

Check Also

Nurhasan Inisiasi Konflik Pembebasan Lahan Pelabuhan Patimban Menjadi Prioritas Nasional

Subang, sketsindonews – Rombongan kunjungan kerja spesifik dari komisi V DPR RI, didampingi oleh kementerian perhubungan, kementerian PU, dirjen perhubungan laut, dan lainnya sampai di Pelabuhan Patimban, Subang, Jumat (22/9), kedatangan mereka disambut langsung oleh PLT Bupati Subang.

Tujuan kunjungan spesifik ini yaitu memastikan berjalannya segala perangkat dalam pembangunan pelabuhan Patimban. Pelabuhan ini diharapkan dapat memberi support pada pelabuhan Tanjung Priok.

Kunjungan ini diinisiasi oleh anggota DPR RI di dapil tersebut, yaitu Nurhasan Zaidi. Ia menyebutkan pembangunan ini berpotensi meningkatkan perekonomian jangka panjang masyarakat Subang.

“Jelas meningkatkan ekonomi, namun hal penting dan tujuan saya pribadi datang kesini yaitu untuk menyelesaikan konflik pembebasan lahan,” ujarnya.

Masyarakat mengeluhkan harga pembebasan lahan yang kurang layak. “Saya anak petani disini merasa harga yang diajukan sangat murah,” kata salah satu warga.

Nurhasan menyepakati dan menanggapi bahwa harga Rp. 300 ribu itu tidak pantas ditukar dengan lahan disini yang sangat subur.

“Kami sepakat dengan modernitas, namun masyarakat harus tetap jadi prioritas, insya Allah kami akan perjuangkan sekuat tenaga” tambah politisi PKS ini.

Hasil dari kunjungan ini akan dibawa pada pembahasan terakhir di DPR, sebagai keputusan final. “Kunjungan ini saya inisiasi dan semoga masyarakat melihat keseriusan kami yang ingin menyelesaikanya,” tambah Nurhasan.

“Kami mengubah jadwal yang sebelumnya ke Lombok menjadi ke Patimban karena kami sudah jadikan ini sebagai prioritas nasional,” tutup Nurhasan.

(Red)

Terkait

Watch Dragon ball super