Mantan Jampidsus dan Eks Kabareskrim Disebut dalam Persidangan

oleh
oleh
banner 970x250

Jakarta, sketsindonews – Mantan Jaksa Agung Muda bidang Pidana Khusus atau Jampidsus Kejaksaan Agung, Adi Toegarisman dan eks Kabareskrim Mabes Polri Komjen Ari Dono Sukmanto disebut dalam persidangan kasus dugaan suap proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tahun Anggaran 2017-2018 di Pengadilan Tipikor di Pengadilan Tipikor hari ini.

Munculnya nama Adi Toegarisman dan Ari Dono Sukmanto tatkala kuasa hukum Terdakwa Rizal Djalil, FX Suminto Pujiraharjo bertanya kepada saksi Leonardo Jusminarta Prasetyo bekas Komisaris Utama PT Minarta Dutahutama mengenai dua nama pejabat tersebut.

banner 300x600

“Saudara saksi apakah benar keterangan saksi Febi yang mengaku kenal dengan mantan pejabat Kejaksaan Agung Adi Toegarisman dan mantan Kabareskrim Ari Dono?” ucap Suminto dihadapan Ketua Majelis Hakim Albertus Usada. “Benar Yang Mulia,” tutur Leonardo Senin (8/3/21).

Kemudian Suminto bertanya kembali “Apakah saksi pernah bertemu dengan Adi Toegarisman dan Ari Dono?,”. Leonardo menjawab, “Tidak Yang Mulia. Saya tidak pernah bertemu,” aku dia.

Dalam persidangan Advokat Suminto juga menyebutkan Febi Festia diduga sebagai perantara makelar kasus dan bekerja sebagai konsultan di sebuah perusahaan.

Advokat FX Suminto Pujiraharjo awalnya menanyakan soal pertemuannya dengan Terdakwa Rizal Djalil di Nusa Dua Bali tahun 2016.

“Apakah benar saksi pernah bertemu dengan terdakwa?,” tanya Suminto. Dan dijawab oleh saksi Leonardo “Benar saya ketemu dengan terdakwa di Nusa Dua Bali. Tetapi pertemuan itu sangat singkat karena sambil berjalan,” ucap Leonardo.

Untuk diketahui sebagaimana dalam surat dakwaan jaksa penuntut umum (JPU) KPK Ikhsan Fernandi, menyebutkan awal mula perkenalan Rizal dan Leonardo pertama kali bermula pada acara kedinasan di Bali pada 2016 saat diperkenalkan mantan adik ipar Rizal bernama Febi Festia. Dua minggu kemudian, Leonardo diantarkan Febi bertamu ke rumah Rizal di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Leonardo memperkenalkan diri sebagai lulusan Australia dan ingin mengerjakan proyek-proyek di Kementerian PUPR melalui perusahaan PT Minarta Dutahutama.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.