Marak Alih Fungsi Rumah Kos Menjadi Tempat Usaha, Sektoral Lemah Tangani Pengawasan

Jakarta, sketsindonews – Rumah tinggal jadi tempat usaha menjadi kerawanan tingkat sosial meningkat. Hal ini terjadi karena perubahan fungsi serta akibat lemahnya tindakan aparatur dalam mengawasi serta menindak tegas di lingkungan.

“Unit sektoral sebenarnya harus banyak melakukan penataan kawasan terhadap sejumlah rumah kos berubah fungsi ditenggarai karena pembiaran baik oleh masyarakat maupun instansi aparat (Satpol PP gabungan) pemerintah daerah,” ungkap Kusyanto tokoh masyarakat Kelurahan Kartini Jakarta Pusat, Jumat (10/01/20).

Sebut saja di wilayah nya Kelurahan Kartini banyak ditemukan pelanggaran terkait alih fungsi, dimana sektoral sangat lemah melakukan penindakan mulai pelanggaran bangunan, ijin rumah kos, rumah tinggal menjadi tempat usaha.

Dirinya bersama Lurah Kartini Kecamatan Sawah Besar Samuel menemukan indikasi ini dan makin jelas seperti di RT 006 – RW 06 dimana rumah dijadikan usaha walau di tempat lingkungan tinggal.

Kerawanan Kartini akan menjadi kompleksitas dengan munculnya penanganan rumah kos, rumah usaha tanpa ijin operasional menjadikan ketidak nyamanan lingkungan

Padahal ini letaknya di gang warga lingkup lingkungan tapi kok bisa dijadikan usaha sesuai peruntukan. Untuk itu dirinya meminta aparatur untuk tegas selain ijin usaha kos dan hunian tak lapor untuk di tindak.

“Banyak sudah diketemukan di wilayahnya para imigran gelap muncul seenaknya karena pengawasan rumah kos terhadap pemilik tak kena sangsi baik oleh pihak Imigrasi maupun sektoral untuk ditutup ijin kos – kosan,” paparnya.

(Nanorame)