Home / Artikel / Mari Kita Peduli Sampah, Ini Bisa Mengubah Dunia

Mari Kita Peduli Sampah, Ini Bisa Mengubah Dunia

Jakarta, sketsindonews – Sosialisasi bank sampah terus dilakukakan pemerintah Kecamaran Kemayoran Kota Jakarta Pusat, dimana sampah terus menjadi problem seiring produksi sampah terus meningkat setiap tahunnya.

Sementara volume hasil sampah bisa berhasil guna dalam menekan sumber sampah bilamana masyarakat juga turut berpartisipasi dalam menekan volume sampah menjadi bermanfaat dari dampak sampah untuk diolah menjadi kebutuhan inovatif dalam pemilahan sampah melalui bank sampah.

Sosialisasi penanganan sampah yang berbasis masyarakat dilaksanakan di Bank Sampah Selaras RW 06 Kelurahan Kebon Kosong dihadiri para penggiat sampah baik PSM, Rumah Pelangi serta Kelompok Tani Mawar, tadi pagi (19/10).

Bank sampah selaras hijau mandiri

Menurut Sekretaris Kecamatan Syamsudin yang mewakili Camat Kemayoran Herry Purnama menyatakan, sebagaimana diketahui dalam pengolahan penanganan sampah sepatutnya menjadi kegiatan rutin bagi peran masyarakat untuk tergerak dalam proses Bank Sampah, ujarnya.

Dengan hadirnya bank sampah di setiap wilayah ini menjadikan salah satu solusi untuk kurangi volume sampah setiap hari maka diharapkan peran serta semua elemen masyarakat dan pemerintah daerah maka perlu motivasi secara kontinyu dan berkelanjutan sesuai dengan Peraturan Menteri dan Perda sampah, kata Syamsudin saat di dampingi Kasi PSM Lingkungan Hidup Kecamatan Mahfud yang turut hadir.

Joko Sardjono inisiator Bank Sampah Hijau Selaras Mandiri menjelaskan, bumi kita adalah rumah kita, tempat kita melepas senyum, senyum bahagia, bahkan bumi bisa menjadi neraka, tempat kita meratap panjang karena perubahan iklim akibat keseimbangan alam yang tak seimbang.

Artinya, kata Joko Sardjono yang di sapa Joko Edan kembali mengingatkan, jangan pernah meragukan sekelompok kecil orang yang peduli dan berkomitmen, dapat mengubah dunia hanya dengan pekerjaan pilah sampah, sebenarnya merekalah nanti yang bisa mengubah dunia, dari pekerjaan pilah sampah serta lingkungan, papar Djoko.

ia menambahkan, sepantaslah kita semua menjaga lingkungan dengan pengeleloaan sampah melalaui bank sampah sehingga kita giatkan 3 R (Reuse,Reduce ,Recycle ) plus Replanting, maka diharapkan proyeksi timbunan sampah bisa berkurang minimal 40 %. Ini yang sudah di lakukan di bank sampah Hijau Selaras Mandiri mampu kurangi 70 sampai 80 % sampah yang di timbun dari masyarakat, ujarnya.

reporter : nanorame

 

 

 

 

 

Check Also

Bangunan 6 Lantai Hasil TSM di Kartini VIII Akhirnya di Bongkar Petugas Gabungan

Jakarta, sketsindonews – Bangunan 6 lantai tak berijin serta melanggar aturan di pemukiman padat oleh …

Watch Dragon ball super