Home / Artikel / Melimpah Panen Padi di Kabupaten Musi Rawas

Melimpah Panen Padi di Kabupaten Musi Rawas

Musi Rawas, sketsindonews – Buktikan produksi beras di wilayah Kabupaten Musi Rawas, Kepala Balai Besar Pascapanen, Prof. Dr. Ir. Risfaheri, MSi selaku Penanggung Jawab Upaya khusus di Kabupaten Musi Rawas, mengaku melakukan safari panen.

“Kami melakukan Safari Panen Padi di Musi Rawas pada bulan Desember ini untuk membuktikan bahwa produksi beras di wilayah ini cukup dan bila perlu dapat memasok wilayah lain,” katanya melalui siaran pers, senin (18/12).

Dikatakan bahwa panen padi di Musi Rawas terjadi hampir setiap hari, suatu hal yang sangat menggembirakan. Pola pengaturan penanaman padi sawah yang cukup khas menjadikan wilayah Musi Rawas bisa panen setiap hari.

Panen padi kali ini dilaksanakan di Desa Kalibening Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas. Kegiatan panen padi dilaksanakan oleh Dinas Pertanian, Penanggung jawab Upaya Khusus Kabupaten Musi Rawas, Penyuluh, dan Kelompok Tani Harapan Dua. Lahan sawah yang dipanen lebih dari 25 hektar, dengan produktivitas mencapai 8-9 ton GKP per hektar. Sementara itu, luas areal sawah di Desa Kalibening seluas 84 hektar. Dan siap dipanen pada bulan Desember 2017. Jenis varietas padi yang digunakan oleh petani setempat meliputi IR 48, IR 64 dan Ciherang.

“Setiap hari kita menyaksikan ada petani yang sedang panen, ada yang mengolah tanah dan sedang menanam, ada padi yang masih hijau dan ada pula yang mulai menguning siap untuk di panen berikutnya. Ini menandakan panen padi di Musi Rawas dapat berlangsung setiap hari.” Ucap Prof. Risfaheri ini.

Selaku Dinas Pertanian dan Perternakan
Kabupaten Musi Rawas, Tohirin, SP. (Sekretaris Dinas) mengatakan Kabupaten Musi Rawas memiliki luas lahan sawah mencapai 30.511 hektar dan menjadi lumbung beras di provinsi Sumatera Selatan. Bahkan sejak tahun 2015 sudah surplus beras.

“Tahun 2017 ini luas tanam padi periode September 2017 mencapai 5.742 hektar dan siap untuk dipanen selama bulan Desember 2017. Produktivitas padi di Kabupaten Musi Rawas terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal itulah menjadikan Kabupaten Musi Rawas surplus beras dan lumbung beras di provinsi Sumatera Selatan.” Tutur Tohirin.

Prof. Risfaheri menyampaikan “Bahwa terjaminnya produksi padi Kabupaten Musi Rawas ini disebabkan karena kerja keras semua pihak, Pemerintah Pusat dan Daerah, para penyuluh di lapangan, dukungan TNI, serta yang utama kerja keras para petani. Dampak program Upaya khusus yang digagas oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman benar-benar dirasakan manfaatnya oleh petani, seperti bantuan alsintan, benih dan pupuk bersubsidi, rehabilitasi jaringan irigasi, pembangunan embung untuk mengantisipasi dampak kekeringan, dan lainnya.” Ungkap Kepala Balai Besar Pascapanen di Kabupaten Musi Rawas.

(Edo)

Check Also

Sangat Sulit LHP DKI 2018 Dapat WTP Dari BPK

Jakarta, sketsindonews – Pengamat kebijakan publik Amir Hamzah memprediksi opini yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan …

Watch Dragon ball super