Home / Artikel / Memilih Dekot : Apa Tugas Pansel, Jika Seorang Calon Dekot Gugur

Memilih Dekot : Apa Tugas Pansel, Jika Seorang Calon Dekot Gugur

Jakarta, sketsindonews – Pengajuan Dewan Kota dari hasil pemilihan Tingkat Kota Jakarta Pusat di ketahui baru dua Kecamatan yang mengirimkan berkas calon yakni masing – masing 1 calon Dekot Kecamatan Sawah Besar dan Kecamatan Cempaka Putih.

Setelah mereka lolos pada tingkat Kecamatan perwakilan Dekot otomatis akan melakukan test di tingkat kota calon untuk menjadi Dewan Kota.

Namun banyak pertanyaan atas warga terkait calon usulan di Kecamatan jika tahapan seleksi oleh pansel tingkat kota tidak memenuhi syarat atas seorang calon, karena usulan dari Kecamatan hanya satu orang.

Kepala Tata Pemerintahan Jakarta Pusat Kamal mengatakan, terkait dengan pemberkasan calon Dekot pada template Minggu ini yaitu pelaksanaan penyampaian berkas calon Dekot dari Camat ke Wali Kota Jakarta Pusat.

“Kami harapkan pada Minggu ke dua, seluruh berkas calon Dekot sudah masuk ke kami,” kata Kamal. (4/9)

Terkait dengan Panitia Pemilihan Dewan Kota (PPDK) tingkat kota, sambung Kamal, pihaknya merujuk pasal 7 Peraturan Gubernur (Pergub) nomor: 116 tahun 2013 Tentang Tata Cara dan Kelengkapan Penyelenggaraan Dekot.

“Unsur PPDK Tingkat Kota Jakarta Pusat terdiri dari 7 orang diantaranya, 3 orang dari Perguruan Tinggi, 2 orang dari LSM / Ormas dan 2 orang dari Peradi dan PWI DKI Jakarta,” ucap Kamal.

Sementara Pengamat Perkotaan Amir Hamzah mengatakan, satu calon dalam test usulan yang nantinya di lakukan prophet and test oleh pansel dari usulan kecamatan, jika gugur itu harus bagaimana, tukasnya. di Balikota DKI Jakarta

Pertama, Aturan tata cara pemilihan itu tidak baku, artinya ada calon saat usulan serta di test tak masuk penilaian pansel sehingga perlu ada usulan lain.

Kedua, percuma ada pansel kalo cuma mengecek administrasi calon pemberkasan, padahal dari tingkat bawah atau kecamatan sudah ada pemeriksaan berkas saat dirinya ingin menjadi calon dekot.

Tugas pansel harus di perjelas dalam tata cara aturan apakah pansel dalam penilaian untuk melihat hasil pemilihan calon dekot mulai usulan paling bawah.

Atau pansel punya kelayakan dalam menentukan calon dekot saat test memenuhi unsur pansel untuk duduk menjadi dekot (senator) mewakili unsur Kecamatan.

Kalo tidak lolos itu bagaimana, tanya Amir. karena saat diputuskan pansel dan pansel pasti punya parameter tersendiri serta kelayakan hasil wawancara serta pertanyaan kelayakan seorang calon untuk lolos atau tidak dalam uji kemampuan, pungkas Amir.

reporter : inong

Check Also

Kalahkan Kejahatan Dengan Kasih Tuhan

Roma 12: 9-21 Renungan, sketsindonews – Kasih ini mesti dimulai dari dalam dulu, karena, tidak …

Watch Dragon ball super