Home / Artikel / Menantikan dan Mempercepat Kedatangan Hari Allah

Menantikan dan Mempercepat Kedatangan Hari Allah

2 Petrus 3:1-13

Renungan, sketsindonews – Kitab Petrus merupakan surat yang ditulis oleh Simon Petrus.

Tujuan Petrus menyampaikan surat ini adalah agar mereka dengan tekun mengejar kesalehan dan pengenalan yang benar akan Kristus.

Selain itu Petrus juga ingin menolak dan menentang tindakan para nabi palsu di kalangan gereja Asia Kecil yang mencoba meruntuhkan kebenaran Injil.

Petrus menasihatkan agar orang percaya senantiasa waspada supaya mereka tidak terseret ke dalam kesesatan orang-orang yang tidak mengenal hukum. Selain itu, Petrus ingin agar mereka bertumbuh dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat, Yesus Kristus.

Petrus tidak hanya mengingatkan dan meneguhkan iman orang percaya, namun juga mengajarkan mereka apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab mereka dalam menanti hati Tuhan itu.

Petrus mengajarkan mereka agar mereka tidak berdiam diri dan berpangku tangan dalam menanti kedatangan hari Tuhan.

Petrus katakan, “….sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia”.

Meskipun kedatangan hari Tuhan itu tidak pasti kapan, namun Petrus mengajar mereka agar senantiasa berusaha dan tetap hidup dalam kebenaran sehingga kapanpun hari Tuhan itu datang, tidak menimbulkan keterkejutan.

Ketika Tuhan datang, orang percaya didapati Tuhan tidak bercacat dan tidak bercela (perbuatannya) karena hidup berdamai dengan Allah dan sesama.

Untuk itu, biarlah waktu dan kesempatan yang Tuhan berikan itu dipergunakan dengan sebaik-baiknya dengan hidup dalam Tuhan, agar keselamatan itu tetap berada dalam genggamana.

Mengingatkan kita, bahwa kita sama sekali tidak perlu merasa takut dan khawatir akan kedatangan akhir dunia.

Sebaliknya, umat Kristiani sebarusnya merindukan kedatangan Yesus Kristus untuk kedua kalinya, sebagai sebuah peristiwa pembebasan/pelepasan penuh bagi kita, akhir dari semua ikatan, kemenangan final Tuhan Yesus Kristus.

Setidaknya ada 4 hal pokok yang perlu kita miliki dalam menyongsong kedatangan Tuhan Yesus yang keduakalinya.

Pertama, Hidup dan Percaya. Kedua, Berbalik dan Bertobat. Ketiga, Menjalin Hubungan dan Komunikasi dengan Tuhan dalam Doa. Keempat, Taat dan Mau Diatur (Firman) Tuhan.

Keempat prinsip dasar ini akan menuntun orang percaya untuk senantiasa sabar dalam pengharapan menanti Hari Tuhan sembari melakukan apa yang berkenan di hadapan-Nya. Amen.

(HKBP Ujung Menteng)

Check Also

Anies Baswedan Akan Tinjau Kampung Warna Warni, Sekaligus Penandatangan Kerjasama Pemrov DKI Dengan Dulux Paint

Jakarta, sketsindonews – Persiapan kampung dalam ramgka sukses Asian Games terus di lakukan 2 Kelurahan …

Watch Dragon ball super