Mengenal Jurnalistik di Politeknik Negeri Jakarta

Jakarta, sketsindonews – Menentukan jurusan kuliah menjadi hal yang penting bagi sebagian besar orang. Hal tersebut didasari oleh pekerjaan apa yang akan didapatkannya setelah lulus nanti. Jurusan seperti, ekonomi, kedokteran, psikologi, hukum dan ilmu komputer merupakan jurusan yang paling banyak diminati. Namun, dari sejumlah jurusan favorit, ada juga salah satu jurusan yang tak kalah menarik, yaitu Jurnalistik.

Menurut KBBI, Jurnalistik adalah suatu hal yang menyangkut kewartawanan dan persuratkabaran. Jurnalistik berarti ilmu yang berhubungan dengan penulisan berita, feature, dan opini di media massa baik media cetak, media elektronik, maupun media siber (online) dengan mencari, mengumpulkan, dan mengolah fakta dari sebuah peristiwa.

Salah satu kampus yang memiliki program studi Jurnalistik yaitu, Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Kampus yang masih dalam satu wilayah Universitas Indonesia (UI) ini menyediakan program studi Jurnalistik bergelar D-3. Berdasarkan data dari Kemenristekdikti tahun 2017, PNJ menjadi Politeknik ke-5 teebaik se-Indonesia.

Dengan visi menghasilkan sumber daya manusia berkompeten dalam bidang jurnalistik, PNJ menciptakan lulusan siap kerja dalam dunia jurnalistik. Hal tersebut didukung dengan sistem belajar politeknik yang mengedepankan praktik dibandingkan teori. Selain itu juga banyaknya liputan yang mewajibkan untuk terjun langsung ke lapangan membuat mahasiswanya menjadi wartawan muda berdaya saing tinggi.

Sarana dan prasarana yang mumpuni juga turut mendorong PNJ menghasilkan wartawan muda berkualitas. Adanya laboratorium komputer, laboratorium fotografi, dan mesin cetak membuat mahasiswa dapat mengembangkan potensinya.

Prospek kerja di bidang jurnalistik bukan hanya menjadi wartawan, melainkan mencakup fotografer, editor, penyunting naskah, dan penulis. Jurnalistik juga akrab dengan pekerjaan di media massa seperti majalah, televisi, radio, ataupun surat kabar.

Karya Mahasiswa Teknik Grafika dan Penerbitan (sumber: bengkuluinteraktif.com)

Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan (TGP)

Program studi Jurnalistik masuk ke dalam Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan (TGP). Ada empat Program studi yang ditawarkan oleh TGP, yaitu Penerbitan (Jurnalistik), Desain Grafis, Teknik Grafika, dan Teknologi Industri Cetak Kemasan (TICK). Keempat program studi tersebut berada dalam satu gedung di PNJ atau nama denahnya Gedung Z.

TGP juga sering disebut dengan jurusan seni sebab seisi gedungnya diisi oleh karya hasil mahasiswanya. Karya tersebut bisa berupa karya fotografi, produk hasil cetakan, lukisan atau produk seni estetik lainnya.

(Abizar Ahmad Fawzi)