Mengulik Ikon Budaya Betawi

oleh
oleh
banner 970x250

sketsindonews – Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak ragam suku dan budaya. Setiap pulau memiliki ciri khas dan adat istiadatnya masing-masing.

Ibu kota Indonesia yang terkenal sebagai sentral perekonomian ini, ternyata menyimpan banyak ragam budaya mulai dari makanan, pakaian, tarian, bela diri, dan berbagai alat musik.

banner 300x600

Salah satu kebudayaannya tak asing dilihat memiliki ciri khas bertubuh besar, bermata lebar, selalu diiringin musik, dan selalu tampil berpasangan. Dia adalah ondel-ondel.

Ondel-ondel merupakan salah satu kebudayaan betawi yang telah lama dikenal oleh masyarakat khususnya Jakarta, bahkan menurut jakartatourism.go.id terdaftar sebagai salah satu dari delapan ikon budaya betawi yang diatur dalam Pergub No. 11 tahun 2017 tentang ikon budaya Betawi. Boneka berbadan besar ini dulu dikenal sebagai ‘Barongan’.

Seiring berjalannya waktu, almarhum Benyamin merilis lagu berjudul ondel-ondel. Nama barongan pun perlahan-lahan mulai tergantikan. Ondel-ondel sering muncul pada acara kesenian Jakarta maupun dipernikahan suku Betawi.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.