Home / Berita / Menhub Ajak Generasi Muda Palembang Gunakan LRT Sumsel

Menhub Ajak Generasi Muda Palembang Gunakan LRT Sumsel

Palembang, sketsindonews – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Senin (4/3) ini melakukan kunjungan kerja ke Palembang. Dalam kunjungannya, Menhub berkesempatan untuk melakukan dialog interaktif bersama dengan Karang Taruna Sumatera Selatan di Hotel Swarna Dipa Palembang.

Berbagai moda transportasi seperti Light Rail Transit (LRT), Mass Rapid Transit (MRT), Bus Rapid Transit (BRT) dikenalkan oleh Menhub Budi kepada para perserta yang merupakan generasi millenials. Tak lupa, Menhub juga menyerukan agar millenials di Palembang menggunakan tranportasi umum salah satunya LRT Sumsel.

“Saya memberikan suatu ajakan bagi anak-anak millenials sekarang ayo naik LRT. Karena LRT yang kita bangun di Palembang ini dengan satu tujuan, karena Palembang ini berpotensi,” ajak Menhub.

Menhub mengungkapkan, transportasi massal dibangun oleh Pemerintah untuk mengurangi kecenderungan masyarakat menggunakan kendaraan pribadi, serta dalam rangka menyiapkan infrastruktur secara matang di sebuah kota sebelum menjadi kota metropolitan. Lebih lanjut ia menjelaskan, transportasi masal seperti MRT, LRT, dan BRT merupakan transportasi yang ideal karena dapat memiliki kapasitas angkut yang besar serta cepat.

“Saat ini ada kecenderungan penggunaan kendaraan pribadi secara berlebihan. Nah kita punya LRT. LRT adalah suatu keniscayaan, satu pengembangan kota yang nanti menjadi metropolitan. Konsep yang baik adalah sebelum kota itu menjadi kota metropolitan, maka infrastruktur sudah harus dipersiapkan. Makannya MRT dan LRT itu dibangun,” tutur Menhub.

“MRT, LRT, BRT itu adalah angkutan massal yang ideal karena angkutannya masif, dan kedua juga memiliki kecepatan yang lebih baik karena tidak ada lintasan sebidang, sehingga lebih cepat. Semoga angkutan massal ini dapat menjadi budaya baru masyarakat dalam bertransportasi,” tambahnya.

Di Palembang sendiri, selain LRT, juga terdapat moda transportasi BRT yaitu Transmusi. Transmusi nantinya akan memiliki rute dari Jakabaring menuju ke Universitas Sriwijaya (UNSRI). Dengan ini diharapkan, Transmusi dapat membantu masyarakat yang akan menuju ke UNSRI.

Dalam kunjungannya, Menteri Perhubungan turut didampingi oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Anggota 1 BPK RI Agung Firman Sampurna, Walikota Palembang Harnojoyo, serta Ketua Karang Taruna Sumatera Selatan Robby Kurniawan.

(Red)

Check Also

Tinjau Makassar New Port, Menhub Minta Pelindo IV Tingkatkan Layanan

Makassar, sketsindonews – Pertumbuhan angkutan barang di Makassar, Sulawesi Selatan terus mengalami peningkatan pesat dari …

Watch Dragon ball super