Menhub : Kapal Ro Ro Akan di Pindahkan Bertahap ke Natuna

oleh
oleh
banner 970x250

Jakarta, sketsindonews – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan akan mengalihkan Kapal Ro Ro yang berada di Pelabuhan Merak ke Natuna dan Indonesia bagian timur secara bertahap.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan karena berdasarkan laporan dari pengusaha kapal Ro Ro di Merak, jumlah kapal Ro Ro di Merak ada 60 dengan tingkat ocupansi hanya 40%.

banner 300x600

“Oleh karena itu saya tegas minta kualifikasi besaran kapal, kecepatan kapal, dan usia kapalnya dan secara bertahap, akan kita alihkan ke Natuna dan Indonesia bagian timur,” ujar Menhub saat menjadi pembicara pada diskusi panel dengan topik “Menyukseskan Tol Maritim RoRo Service Jakarta-Surabaya di Hotel Mandarin Oriental Jakarta, Selasa (4/7).

Sementara itu, terkait pengoperasian kapal Ro Ro untuk mengurangi beban jalan di jalur Pantura, Menhub menyatakan hal tersebut merupakan suatu inisiasi yang harus didorong dan didukung untuk menjadikan industri yang nantinya bisa memberikan kemakmuran bagi bangsa.

Saat sudah ada kapal Ro Ro Trayek Tanjung Priok – Panjang (Lampung) untuk mengurangi beban jalan raya dan mempersingkat waktu distribusi logistik. Selain itu, Kementerian Perhubungan telah mengembangkan konsep penyeberangan jarak jauh (long distance ferry) lintas Jakarta-Surabaya. Sedangkan lintas Surabaya-Lembar  untuk mengurangi beban jalan raya sepanjang pantura dan pulau Bali telah dilayani KMP. Legundi (5.000 GT) milik PT ASDP Indonesia Ferry mulai tanggal 1 Desember 2016 dengan jadwal 3 kali keberangkatan dalam 2 minggu.

Pada 12 Juli 2017 mendatang, layanan kapal RoRo Jakarta-Surabaya akan bertambah. Layanan tersebut akan dioperatori oleh PT Jagat Zamrud Khatulistiwa.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.