Home / Berita / Jelang Lebaran, Menhub Tinjau Transportasi Makassar

Jelang Lebaran, Menhub Tinjau Transportasi Makassar

Makassar, sketsindonews – Satu pekan jelang Lebaran, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (17/6) tinjau kesiapan infrasttuktur transportasi di kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Selain meninjau pada kesempatan tersebut Menhub Budi pimpin langsung gelar pasukan Posko Angkutan Lebaran Tahun 2017 yang dilaksanakan di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar.

Budi yang juga didampingi Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Michael Wattimena, Dirjen Perhubungan Laut A Tonny Budiono, mengatakan jumlah pemudik yang melalui pelabuhan di Makassar akan naik 5 persen dibanding tahun 2016.

“Prediksi penumpang pelabuhan Makassar, akan naik 5 persen, dibanding tahun lalu, diprediksi 65 ribu, tahun lalu 62 ribu,” kata Menhub di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan.

Terkait dengan aspek keselamatan, dia mengatakan telah melaksanakan ramp check/uji kelaikan terhadap angkutan baik darat, laut, udara maupun kereta api. Khususnya terhadap angkutan bus Menhub kembali menegaskan bahwa angkutan bus yang tidak ada sticker tanda lulus uji dilarang beroperasi.

“Saya tadi pesan Pak Gubernur bus-bus yang tidak ada stiker tanda lulus ramp check jangan boleh beroperasi, jangan juga penumpang ikut dalam bus-bus yang tidak boleh beroperasi,” tegasnya.

Lanjutnya, tekankan aspek keselamatan, keamanan, dan pelayanan pada masa angkutan Lebaran tahun ini harus baik.

“Saya minta kepada Pelni, ASDP, untuk melakukan ramp check atas kapal-kapalnya dan saya berpesan supaya jangan ada kelebihan penumpang,” ujarnya.

Pada apel gelar pasukan Posko Angkutan Lebaran 2017, selain menyematkan tanda petugas posko, Menhub juga menyerahkan secara simbolis sebanyak 1000 life jacket bagi pelayaran rakyat yang merupakan sumbangan dari PT Pelindo 4.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksikan jumlah pemudik pada masa angkutan Lebaran tahun 2017 secara nasional mencapai 19 juta pemudik atau naik 8,5 persen dari tahun 2016 sebanyak 18 juta pemudik. Dari angkutan yang ada Menhub menyebut angkutan udara akan mengalami pertumbuhan yang paling tinggi.

“Total pemudik 19 juta, angkutan udara 5,4 juta atau naik 9 persen, pertumbuhan penumpang angkutan laut dan darat relatif stagnan, angkutan pribadi naik cukup besar hingga 10 persen,” jelasnya.

Selain meninjau Pelabuhan Soekarno-Hatta, Menhub dan rombongan juga meninjau Posko Angkutan Lebaran di Bandara Internasional Hasanuddin. Dari Makassar, Menhub Budi dan rombongan sore ini (17/6) akan langsung bertolak ke Banyuwangi, Jawa Timur guna meninjau langsung kesiapan sarana dan prasarana jelang arus mudik Lebaran. (Red)

Check Also

“Dilaporkan”, Anak Sekolah Teriak 2019 Ganti Presiden

Jakarta, sketsindonews – Direktorat Hukum & Advokasi TKN Jokowi-KH. Ma’ruf Amin tanggapi serius adanya pelibatan …

Watch Dragon ball super