Home / Apa Kata Mereka / Merasa Terpanggil Menjadi Kader JKN – KIS di Johar Baru

Merasa Terpanggil Menjadi Kader JKN – KIS di Johar Baru

“Menjadi bagian dari BPJS Kesehatan adalah suatu hal yang mulia, tak hanya turut serta menjaga kesinambungan Program JKN – KIS tetapi saling menyemangati dan mengingatkan kepada warga akan pentingnya menolong sesama.”

Jakarta, sketsindonews – Orang banyak menyebut Dini, wanita paruh baya berumur 30 tahun ini kerap dipanggil. Seorang ibu rumah tangga yang hampir dua tahun ini memberikan kontribusinya pada Program JKN – KIS sebagai Kader JKN di wilayah Jakarta Pusat, tepatnya di Kecamatan Johar Baru.

Kader JKN merupakan program yang dibentuk untuk membantu peserta JKN-KIS, para Kader JKN ini nantinya ditempatkan berdasarkan wilayah tempat tinggal mereka, agar dapat memberikan informasi dengan cara sosialisasi massal atau melakukan kunjungan ke rumah peserta. Dengan berbekal keyakinannya,

Dini pun memantapkan niatnya untuk menjadi mitra BPJS Kesehatan. Menurutnya menjadi Kader JKN menjadi tantangannya diusia nya yang sekarang ini.

“Yah saya menjadi Kader JKN adalah tantangan bagi saya. Menjadi ibu rumah tangga ditambah dengan komitmen saya sebagai mitra BPJS Kesehatan ini membuat saya kini lebih kuat, dan membuat kehadiran saya lebih bermanfaat di lingkungan saya.” Ujar Dini.

Kini hari – hari Dini telah dipenuhi oleh tugasnya sebagai Kader JKN, antara lain yaitu melaksanakan fungsi pengingat kolekting iuran, mendaftarkan peserta yang belum terdaftar, serta mewakili BPJS Kesehatan untuk mensosialisasikan Program JKN – KIS kepada masyarakat sekitar dengan melakukan informasi terbaru terkait program ini.

Namun bukan berarti dengan kesibukannya sebagai Kader JKN membuatnya lalai untuk melaksanakan tugasnya sebaga seorang ibu rumah tangga.

“Banyak pengalaman yang telah saya dapatkan selama ini, ada senang dan ada sedihnya juga. Senangnya pekerjaan ini membuat saya dapat menyalurkan hobi saya karena saya tipe orang yang suka bergaul, banyak teman – teman baru yang saya kenal, tali silahturahmi semakin terjaga dan InsyaAllah mendapatkan pahala karena saya menjalankannya dengan ikhlas.”

Tambah Dini dengan semangat walaupun Panas terik matahari, tak membuat semangatnya luntur untuk mengunjungi peserta. Namun tak jarang ketika sudah sampai di lokasi tujuan ternyata pesertanya sudah berpindah. Sehingga Dini pun berinisiatif untuk mendatangi ketua RT lingkungan tersebut agar mendapatkan informasi keberadaan warga tersebut.

Dengan keadaan dan daerah yang berbeda membuatnya juga kadang harus kucing – kucingan, karena dikira sebagai seorang yang meminta sumbangan, bahkan sampai di gonggong oleh binatang peliharaan pada salah satu rumah didaerah binaannya. Oleh karena itu dibutuhkan proses pendekatan sehingga semua berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

“Sebagai Kader JKN tentunya harus bisa menjadi contoh bagi peserta yang lainnya. Dimulai dari saya dan keluarga taat untuk bayar iuran. Saya akan terus mengajak warga binaan untuk tetap terus aktif sebagai peserta JKN – KIS dengan taat membayar iuran.” Tutup Dini.

nanorame

Check Also

Festival Olahraga Rakyat Laksanakan Pembinaan Potensi Lokal

Celotebangnano, Sketsindonews – Suku Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Jakarta Jakarta melalui Kasi Olahraga …

Watch Dragon ball super