Home / Berita / Merubah Kemacetan Harus Dimulai Dari Pejalan Kaki

Merubah Kemacetan Harus Dimulai Dari Pejalan Kaki

Jakarta, sketsindonews – Sekjen Institut Transportasi, Izzul Waro mengatakan bahwa transportasi bukanlah kebutuhan pokok tapi kebutuhan sekunder. Hal tersebut diutarakan melihat semakin tingginya minat masyarakat untuk memiliki kendaraan bermotor, baik roda empat maupun roda dua.

“Masalah itu ketika merasa ekonomi membaik, maka kecenderungan membeli mobil semakin tinggi,” ujarnya saat menjadi pembicara dalam diskusi publik yang gelar Barisan Nusantara dan Jakpas yang tergabung dalam Forum Jakarta Baru, di Jalan Bekasi Timur 19, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (28/7).

Izzul yang kesehariannya menjadi peneliti transportasi mengatakan, “Masalahnya jila semua beli mobil, Jalannya cukup ga?.”

Sebagai contoh, dalam diskusi yang mengangkat tema ‘Mengurai Kemacetan Jakarta’ tersebut, Izzul membandingkan 65 orang yang keseluruhannya membawa mobil, maka terlihat kondisi jalan yang sangat penuh, dalam slide yang ditampilkannya.

Lalu dibandingkan jika ke 65 pengemudi tersebut menggunakan transportasi bus, maka yang terlihat hanya satu bus di jalan raya. “Terlihat jalan lebih sepi dan lebih lancar,” katanya.

Lebih jauh Izzul mengungkapkan bahwa salah satu penyebab kemacetan adalah kebijakan pemerintah yang lebih mengandalkan pajak kendaraan bermotor dari pada pajak proferti. “Sehingga terjadi peningkatan yang sangat singnifikan sejak jaman demokrasi,” ungkapnya sambil menunjukkan grafik peningkatan jumlah masyarakat yang membeli kendaraan.

Dan jikaa ingin merubah kemacetan, kata Izzul harus dimulai dari pejalan kaki. “Karena pejalan kaki dengan angkutan umum sepaket, dan pelebaran trotoar itu sudah benar,” ujarnya.

“Maka di harapkan ke depan akan semakin banyak yang berjalan kaki dan menggunakan angkutan umum,” pungkas Izzul.

(Eky)

Check Also

Ingub No.10 Tahun 2016 Percepatan Johar Baru Hanya Menguntungkan Pihak Ketiga

Jakarta, sketsindonews – Anggota DPRD DKI Jakarta sekaligus politisi partai Hanura Veri Yonevil saat menyinggung …

Watch Dragon ball super