Home / Hukum dan Kriminal / Meski Divonis Hukuman Nihil, Heru Hidayat Harus Ganti Kerugian Negara 12,6 Triliun

Meski Divonis Hukuman Nihil, Heru Hidayat Harus Ganti Kerugian Negara 12,6 Triliun

Jakarta, sketsindonews – Putusan Majelis Hakim yang memvonis hukuman nihil kepada Komisaris Utama PT. Trada Alam Minera Heru Hidayat dalam perkara mega korupsi PT. Asabri membuat Jaksa Penuntut Umum (JPU) diberikan waktu tujuh hari untuk menentukan sikap terhadap putusan tersebut.

Kasubdit pada Direktorat Jaksa Agung Muda bidang Tindak pidana Khusus, Wagiyo mengemukakan, Hakim sependapat dengan JPU bahwa terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan turut serta melakukan tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang sebagaimana dalam dakwaan kesatu primair dan dakwaan kedua primair.

“Hakim menyatakan memutuskan hukuman pidana nihil dengan pertimbangan, terdakwa sudh dipenjara seumur hidup pada kasus perkara korupsi Jiwasraya” ujar Wagiyo di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (18/1/22).

Tentunya, lanjut Wagiyo, ini berbeda dengan permintaan pihaknya, pada kesempatan yang lalu, pihaknya menuntut pidana mati.

“Kami diberikan kesempatan selama tujuh hari untuk mempertimbangkan putusan ini, diberikan waktu untuk pikir-pikir selama tujuh hari, dan ini akan kami gunakan secara maksimal untuk mempertimbangkan apa sikap kami.” ucapnya.

Wagiyo juga menambahkan, dalam tuntutan pidana yang lalu, pihaknya menjelaskan bahwa pasal dua ayat dua merupakan pemberatan, bukan unsur.

“Jadi keadaan yang memberatkan, kalau kita mendakwakan unsur pidana korupsi, apakah ada keadaan memberatkan? nah itulah alasan dasar kita melakukan tuntutan mati” tambahnya.

Wagiyo menilai, tuntutan yang lalu ada keadaan yang memberatkan dan pihaknya menjelaskan secara rinci. “Ada yang bilang di pledoinya tidak benar, kita melakukan tuntutan berdasarkan alasan, alat bukti. Mungkin pertimbangan yang demikian matang, tidak hanya normatif, tapi filsafatif, filosofi kita ajukan di persidangan” pungkasnya.

Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memvonis hukuman nihil kepada Heru Hidayat.

“Menjatuhkan hukuman terdakwa dengan hukuman pidana nihil” kata Majelis Hakim dalam putusannya, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (18/1/22).

Putusan nihil diambil lantaran Heru telah divonis pidana penjara seumur hidup dalam kasus korupsi Jiwasraya.

Selain itu, Heru juga diminta membayar biaya pengganti, lebih dari Rp. 12,6 triliun. (Fanss)

Check Also

Tertipu Investasi, Gasni Berharap Laporannya Segera Ditangani

Jakarta, sketsindonews – Sehy Moh Gasni berharap dugaan penipuan yang dilaporkan ke Polsek Cilincing pada …

Watch Dragon ball super