Home / Profile / Metode Pembelajaran Praktik Dibutuhkan Mahasiswa
Mahasiswa Teknik Elektro Politeknik Negeri Jakarta sedang melakukan praktik, Depok, 6 Januari 2018

Metode Pembelajaran Praktik Dibutuhkan Mahasiswa

Depok, sketsindonews – Pembelajaran di perguruan tinggi selain menuntut kemampuan akademik (hard skill), mahasiswa juga dituntut untuk dapat meningkatkan kemampuan personal (soft skills) sehingga mahasiswa siap memasuki dunia kerja yang sesungguhnya setelah menyelesaikan studi.

“60% praktik dan 40 % teori, karena di luar sana hal tersebut yang pasti diminta, dimana anda harus menguasai dalam mennghandle semua pekerjaan.” Ujar Susi Susilowati, Sekretaris Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, Politeknik Negeri Jakarta, Jumat, 6 Januari 2018.

Menurutnya, permasalahan utama dalam pembelajaran di perguruan tinggi adalah bagaimana perencanaan dan kesiapan dosen untuk mengelola pembelajaran agar tercapai kompetensi yang diinginkan dalam diri mahasiswa.

Sementara salah satu Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta, Adi Pratomo di sela-sela praktiknya mengungkapkan harapannya agar pendidikan bidang keteknikan, hendaknya selain memberikan teori-teori yang cukup, juga perlu memberikan praktik dan contoh-contoh pemecahan proyek-proyek nyata dengan memanfaatkan model, strategi, metode, dan media pembelajaran yang mendukung.

“Pengajaran yang diberikan lebih baik seperti kita praktek di industri, pengajaran seperti itu membuat kita lebih paham cara kerjanya,” ungkapnya.

Asri Novita salah satu mahasiswa Universitas Gunadarma juga mengatakan bahwa sistem pembelajaran praktik lebih efektif karena di dalam dunia pekerjaan sekarang tidak hanya membutuhkan materi-materi dari dosen saja tetapi harus di dampingi oleh praktik dan ia bisa lebih memahami materi yang dipelajari.

Model pembelajaran seperti ini, menurut Asri dapat memudahkan mahasiswa untuk memahami teori yang sudah di ajarkan sebelumnya di kelas dan juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengarungi seluruh ranah pembelajaran agar berpikir kreatif serta mengembangkan seluruh kecerdasannya.

“Saya berharap sistem pembelajaran praktek lebih banyak diterapkan,” tandasnya.

(Dwi Gita)

Check Also

Jelang Tuntutan Korban Minta Terdakwa Ijazah Palsu ‘Ditahan’

Jakarta, sketsindonews – Memasuki babak akhir kasus ijazah palsu di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN …

Watch Dragon ball super