Home / Berita / MH Thamrin Award 2023: Konsistensi PWI Jaya Wujudkan Kebebasan Pers di Jakarta

MH Thamrin Award 2023: Konsistensi PWI Jaya Wujudkan Kebebasan Pers di Jakarta

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar Anugerah Jurnalistik Mohammad Hoesni Thamrin Tahun 2023, atau MH Thamrin Award 2023. Kegiatan ini menunjukkan komitmen dalam mewujudkan kebebasan pers dan mendukung edukasi masyarakat untuk selalu mendapatkan informasi yang akurat dan terpercaya.

Ketua PWI Jaya, Sayid Iskandarsyah, menjelaskan bahwa Anugerah Jurnalistik Mohammad Hoesni Thamrin adalah ajang prestisius untuk menghargai karya jurnalistik wartawan di Jakarta. Ia menekankan bahwa PWI Jaya senantiasa mengawasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui tulisan-tulisan yang mencerminkan dinamika perkotaan dengan keseimbangan. “Tujuan kami adalah memastikan tulisan-tulisan ini mendukung jalannya pemerintahan dengan baik,” ujar Sayid.

Sayid menambahkan, “Tentu saja, kami juga memberikan saran, masukan, bahkan refleksi bagi pemerintah melalui tulisan-tulisan kami. Jika ada aspek positif dalam tulisan kami, itu merupakan bentuk apresiasi kami sebagai warga negara terhadap kinerja pemerintah yang baik.”

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko, mengapresiasi para jurnalis yang berpartisipasi dalam acara ini. Baginya, acara ini adalah pendorong untuk terus berkontribusi dalam membangun Jakarta.

Sigit berkata, “Saya mengapresiasi semua yang terlibat dalam penyelenggaraan lomba ini. Ini adalah upaya untuk meneruskan perjuangan Mohammad Hoesni Thamrin dan juga menghargai dedikasi jurnalis dalam menyajikan informasi akurat kepada masyarakat. Ini bisa dicapai melalui berbagai jenis karya jurnalistik, seperti tulisan, foto, audio, dan visual.”

Lebih lanjut, Sigit menekankan bahwa pers memainkan peran penting dalam menyampaikan informasi aktual, termasuk kebijakan pemerintah, untuk menghadirkan harmoni antara pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Dalam mendukung peran tersebut, pers perlu mendapatkan dukungan dan kebebasan untuk menyampaikan informasi yang akurat kepada masyarakat tanpa campur tangan pihak lain. Ini adalah implementasi demokrasi dan kebebasan berbicara,” papar Sigit, yang juga Asisten Pemerintahan Sekda Provinsi DKI Jakarta itu.

Ketua Panitia MHT Award 2023 Tubagus Adhi mengapresiasi kolaborasi Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Pemprov DKI Jakarta bersama PWI Jaya untuk menyukseskan gelaran lomba karya jurnalistik bagi insan pers dari berbagai platform ini.

Diskominfotik memberi hadiah uang masing-masing Rp15 juta untuk para pemenang dari 7 kategori lomba. Sementara PWI Jaya memberi Rp2,5 juta kepada 14 nominee pada 7 kategori perlombaan tersebut.

“InsyaAllah ke depannya lebih baik lagi,” ujar Wakil Ketua Bidang Kesra PWI Jaya ini.

“Terima kasih juga kepada seluruh mitra pendukung MHT Award 2023 ini,” kata Tb Adhi, yang juga Ketua Panitia MHT Award 2019.

Gelaran MHT Award 2023 didukung oleh SKK Migas, Pertamina E.P, Djarum Foundation, Bakrie Amanah, Bank DKI, Bank BTN, Pelindo, Angkasa Pura 1, Angkasa Pura 2, Air Nav, FIF Group, Ancol. PDAM, Universitas Mercu Buana, Surya Pagi, Mustika Ratu, Garuda Food, dan Badan Pangan Nasional.

Perwakilan beberapa sponsor hadir dan menyaksikan acara puncak MHT Award 2023 ini hingga berakhir. Di antaranya, dari SKK Migas, Yayasan Tarumanagara, dan Ancol.

Kepala SKK Migas Prof (HV), Dr, Dwi Soetjipto, MM, yang menerima PWI Jaya Award, diwakili Sekretaris SKK Migas Shinta Dhamayanti. Penerima PWI Jaya Award lainnya adalah Prof Dr Ariawan Gunadi, SH, MH, yang juga ketua Yayasan Tarumanagara.

Sekjen PWI Pusat, Mirza Zulhadi, hadir. Di antara tamu VVIP lainnya adalah Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Trunoyudho Wisnu Andiko dan Kepala Biro Pemberitaan DPR RI, Dr.Indra Pahlevi.

Sebanyak 513 karya jurnalistik telah dinilai oleh para juri dan dipublikasikan selama periode 1 Juni 2022 hingga 31 Mei 2023, dengan rincian sebagai berikut:
• 142 Karya dalam Kategori Teks | Pemenang: kompas.id
• 90 Karya dalam Kategori Infografis | Pemenang: cnnindonesia.com
• 61 Karya dalam Kategori Foto | Pemenang: antaranews.com
• 7 Karya dalam Kategori Audio | Pemenang: Radio Elshinta
• 15 Karya dalam Kategori Tajuk | Pemenang: republika.co.id
• 121 Karya dalam Kategori Video TV Terrestrial | Pemenang: Kompas TV
• 77 Karya dalam Kategori Video TV Streaming | Pemenang: CNBC Indonesia

Selain itu, ada dua tokoh yang menerima penghargaan PWI Jaya Award 2023, yaitu:

• Prof. Dr. Ir. Dwi Sutjipto, M.M., Kepala SKK Migas, atas peran dan dedikasinya dalam mendukung kebebasan serta pengembangan dan kemajuan pers di Kota Jakarta.
• Prof. Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H., Ketua Yayasan Tarumanagara, sebagai tokoh muda inspiratif.***

Check Also

POLYTRON Peduli: Berbagi Ribuan Masker dan Air Purifier ke Sekolah Dasar, Hadapi Polusi Udara yang Buruk di Jakarta

POLYTRON, sebagai salah satu pelopor merk inovasi elektronik terkemuka, telah memulai sebuah program Corporate Social …

Watch Dragon ball super