Home / Teknologi / Mudahnya Menjadi Fotografer Model

Mudahnya Menjadi Fotografer Model

sketsindonews – Teknologi berkembang, begitu juga dengan inovasi yang diciptakan seperti kamera yang terus mengalami perubahan baik dalam bentuknya maupun fitur yang ada di dalamnya. Fotografi menjadi diminati banyak orang.

Menurut kelasfotografi.com, Fotografi memiliki banyak jenis yaitu street photography (fotografi jalanan), food photography (fotografi makanan), landscape photography (fotografi pemandangan, modelling photography (fotografi model), dan sebagainya.

Salah satu jenis fotografi yang banyak diminati adalah Modelling Photography (fotografi model). Abid Abdillah seorang fotografer model mengatakan, banyak sekali keuntungan mendalami fotografi jenis ini, selain banyak teman dan wawasan juga banyak peluang seperti di media sosial, sumber daya manusia, dan juga lokasi.

Media sosial mudah dijangkau hampir seluruh kalangan dengan begitu banyak orang yang mengakses sosial media dengan mengunggah fotonya di media sosial membuat sumber daya manusia yang dapat dijadikan model untuk foto. Selain itu juga banyak lokasi foto yang menarik untuk dijadikan spot foto.

“Biasanya sih cari tempat yang estetis, yang sesuai sama konsep. Kan sudah banyak tempat wisata atau rumah makan yang designnya bagus, jadi ngga perlu susah-susah ke studio foto,” ujar Nindy Amalia seorang mahasiswa yang menyukai fotografi.

Menurut saya, adanya media sosial sangat membantu proses promosi fotografer. Tidak memerlukan biaya yang besar untuk mempublikasikan hasil jepretan, hanya. Cukup bermodalkan kuota agar dapat menguggah hasil foto ke media sosial lalu dilihat orang banyak. Semua tergantung bagaimana fotografer memperkenalkan media sosialnya ke publik.

Dengan kemudahan tersebut ada yang berminat menjadi fotografer model? ini hal yang harus diperhatikan:

1. Tidak Harus Memiliki Kamera Bagus

Banyak orang yang memang memiliki minat di bidang fotografi berpikir bahwa jika ingin menjadi seorang fotografer harus memiliki kamera yang bagus, padahal kenyataannya tidak. Teknologi semakin canggih, hanya dengan memanfaatkan telepon genggam pun bisa menjadi fotografer dengan teknik dan pencahayaan yang baik hasilnya juga akan luar biasa.

2. Tekun dan Mau Belajar

Menjadi seorang fotografer pemula tidak terlalu menguasai teknik memotret, maka dari itu fotografer harus mempelajari tekniknya sendiri mulai dari mengatur pencahayaan dan juga kecepatan (shutter speed). Selalu mencoba hal-hal baru setiap harinya sehingga mengetahui waktu dan sudut pandang terbaik  untuk memotret.

3. Rajin

Bisa karena terbiasa, kata-kata itu sangat melekat jika ingin menjadi fotografer yang andal. Banyak berlatih dapat mengasah kemampuan memotret sehingga hasil foto yang didapatkan setiap saat akan terus menjadi lebih baik.

4. Mengerti Teknik Mengedit

Memang banyak kontroversi dalam hal ini, tetapi mengedit sangat diperlukan jika foto yang dihasilkan tidak memuaskan dalam hal pencahayaan, ukuran dan sebagainya. Maka pengeditan dalam hasil foto dapat digunakan.

5. Jangan Pernah Putus Asa

Jika ingin menjadi fotografer yang andal maka harus bertekad untuk selalu berusaha dan jangan pernah putus asa. Jika banyak yang meremehkan jangan hiraukan kata orang lain, buatlah itu menjadi penyemangat dan buktikan bahwa suatu saat akan menjadi fotografer yang professional.

(Nada Saffana)

Check Also

Menulis Berita?, Perhatikan Hal Berikut

sketsindonews – Berita adalah sebuah informasi yang berasal dari kejadian yang benar-benar terjadi. Kejadian yang …

Watch Dragon ball super