Home / Artikel / Mudik Nyaman Bersama BPJS Gandeng Layanan Bagi Peserta JKN – KIS

Mudik Nyaman Bersama BPJS Gandeng Layanan Bagi Peserta JKN – KIS

Jakarta, sketsindonews – Peserta BPJS Kesehatan bagi pengguna JKN – KIS tak perlu kuatir atas jaminan kesehatan saat mudik lebaran dan selama cuti lebaran 2018 mereka akan tetap terlayani oleh pihak BPJS Kesehatan.

Utamanya, pelayanan kesehatan diluar kota tetap akan terlayani selama peserta diluar kota tidak menetap dalam jangka waktu yang lama. Ini tetap akan terlayani di Fasilitas Tingkat Pertama (FKTP) bagi peserta JKN – KIS.

Sesuai perjanjian antara BPJS Kesehatan dan perundangan dari Faskes dan Faskes tidak diperkenankan meminta biaya tambahan, ujar Deputy Direksi Wilayah DKI Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi Ni Made Ayu Sri Ratna Sudewi saat saat press confrences Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan di Resto Manggar Sabang, yang di hadiri pihak Wakadis DKI Jakarta dr. Hafifah Ani, Kepala Cabang PT Jasa Raharja (persero) DKI Jakarta Delya Indra serta IKatan Dokter Indonesia (IDI) DKI Jakarta dr. Slamet Budiarto.

“Kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libut lebaran juga betlaku bagi FKTP non Puskesmas yang membuka praktek pelayanan kesehatan, apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran diwilayah tersebut, atau peserta membutuhkan pelayanan diluar jam buka layanan FKTP maka peserta akan tetap terlayani di IGD RS untuk mendapatkan layanan medis pertama (dasar).”

Sambung Ratna, untuk itu pihaknya menghimbau agar selalu membawa Kartu JKN – KIS karena layanan itu hanya diperuntukan bagi JKN – KIS peserta aktif.

mudik.nyaman.bpjs.jkn-kis.doc

Bagi peserta non aktif karena pembayaran iuran pihaknya juga menerima dengan melakukan penyelesaian dan perhitungan yang harus di bayarkan melalui prosedural untuk nantinya diaktifkan kembali dalam waktu tak lama.

“Dengan aplikasi mobile JKN maka peserta juga dapat mengecek langsung fasilitas kesehatan terdekat yang bisa dikunjungi saat membutuhkan pelayanan kesehatan, jelas Ratna.

Begitu pula untuk memastikan kelancaran mudik lebaran dalam pelaksanaan peserta juga dapat mendownload gratis di google (play store) untuk perangkat android yang dapat dilihat informasi penting fasilitas BPJS Kesehatan baik, mitra BPJS, info BPJS, tanya jawab, tips BPJS, dan lokasi – lokasi penting lainnya.

Pihaknya dalam program Mudik Nyaman bersama BPJS bersama institusi lainnya telah menyiapkan segala sarana baik tenaga medis, posko mudik (terminal) serta pemeriksaan laik bus hingga supir bis dalam kesiapan sedini mungkin, terang Ratna.

Posko Mudik BPJS.

Selain itu Ni Made Ayu Sri Ratna Sudewi juga menyampaikan Mudik Nyaman Bersama BPJS pihaknya srlama libur lrbaran 2018 juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Centre 1500 400 yang beroperasi selama 24 jam termasuk hari minggu dan libur, pungkasnya.

Hal ini bisa dipergunakan secara langsung baik konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan adminsitrasi JKN – KIS (mutasi dan aktivasi, pendaftaran anak lahir katagori PPU anak pertama hingga anak ketiga, serta mengetahui perhitungan denda pelayanan.

Dalam masa libur lebaran dan cuti lebaran pihaknya BPJS Kesehatan tertentu akan tetap beroperasi pada tanggal 11,12.13, 14, 18, 19 dan 20 Juni 2018 dalam memberikan layanan bagi peserta JKN – KIS.

Sambung Ratna, Mudik Nyaman Lebaran pihaknya juga membuka posko mudik di 8 titik padat mudik, antara lain : terminal Pulo Gadung Jakarta, Rest Area KM 57 Cikampek, Stasiun Jogjakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno – Hatta Makasar, pelabuhan Gilimanuk Bali, serta pelabuhan Merak Banten dengan dilengkapi penyediaan kesehatan (medis), obat – obatan dan fasilitas relaksasi bagi pemudik, ujar Ratna

reporter : nanorame

Check Also

Kisruh : Dinas UMKM DKI Hambat Kemajuan Kosti Jaya

Jakarta, sketsindonews – Manajemen perusahaan angkutan taksi Kosti Jaya merasa dirugikan dan diperlakukan tidak adil …

Watch Dragon ball super