MUI Dalam Perspektif Kesejarahan

oleh
oleh

Jakarta, sketsindonews – Ada apa dengan MUI, baik rasanya sebelum masuk ke dalam apa yang terjadi pada MUI belakangan ini, kita melihat merujuk dahulu pada sisi-sisi sejarah dunia, yaitu merujuk pada struktur penggolongan masyarakat (kasta) yang didalam ajaran hindu yang terbagi atas;

1. Brahmana (alim ulama)
2. Kesatria (eksekutif)
3. Waisya (kelas menengah)
4. Sudra (kelas bawah, dhuafa)
5. Tak berkasta ( Paria)

Didalam sejarah runtuhnya kekaisaran Romawi, yaitu akibat konflik pada internal kekaisaran (kesatria) sehingga akhirnya berakibat kekosongan kekuasaan dan terjadinya kekacauan serta lepasnya wilayah – wilayah kekuasaan Kekasairan Romawi.

Dalam situasi yang demikian kemudian terjadilah pengambilan alihan kekuasaan oleh kelompok Brahmana dalam hal ini Gereja Katolik.

Sehingga akhirnya Paus selaku pimpinan gereja oleh desakan situasi akhirnya menduduki kekuasan tertinggi Romawi menguasai kerajaan – kerajaan Eropa.

Dalam hal ini bisa saja disebut sebagai “Kekhalifahan Pertama” di dunia oleh gereja katolik Roma.

Selanjutnya sejarah mencatat terjadilah masa kegelapan di dalam Gereja Katolik sendiri dengan kesewenangan kekuasaan, dimana para pejabat gereja melakukan berbagai kejahatan dari yang kejahatan sepele sampai yang terberat.

Ancur-ancuran semua dengan tiada kejelasan struktur pemerintahan, saling ingin menguasai antar faksi yaitu ordo dan kongregasi melawan kekuasan Kepausan dengan kepentingannya.

Sampai kemudian di abad ke enam atau ketujuh munculnya Islam menguasai Turki, Spanyol, Portugis melalui Perang Salib, yang dapat saja disebut perang antara Kekhalifahan… Yaitu Kekhalifahan Roma vs Kekhalifahan Islam.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.