Musibah, Antara Ujian Atau Azab dari Allah SWT

oleh
oleh

Oleh: Letkol Sus Giyanto

BEGITU Biasa kita dihadapkan diskusi ringan dalam kehidupan kita, pemahaman mengenahi musibah, antara ujian atau adzab. Sehingga dari situlah menimbulkan banyak persepesi, bahkan bisa menjadikan kebingungan dalam mensikapinya, karena hal ini menurutku BETI “Beda Tipis”. Apa kemudian satiap musibah masuk kategori ujian, dalam arti menjadikan manusia lebih baik sebagai pertanda orang beriman, atau justru sebaliknya karena merupakan azab Allah yang diberikan kepada manusia karena perbuatannya.

Tulisan ringan ini semoga bisa menambah pemahaman dan pengetahuan pada kita, sejauhmana Musibah antara ujian atau azab dari Alloh SWT. Mengingat setiap Manusia pasti akan diuji oleh Allah. Tidak ada manusia yang tidak pernah diuji oleh Allah. Terlebih lagi bagi orang yang beriman. Ujian itu merupakan salah satu syarat keimanan.

Allah berfirman dalam Q.S. Al-Ankabut, ayat 2 artinya : “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: ‘Kami telah beriman’, sedang mereka tidak diuji lagi?.”

Sekarang Apa Bedanya, Ujian, Musibah, dan Azab ?

Ujian. Ujian yang Allah berikan pada hamba-hambaNya bukanlah hanya berbentuk keburukan, namun juga dengan kebaikan. Seperti harta, anak, orangtua, istri, dan lainnya. Allah berfirman : “Setiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kalian dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan, dan hanya kepada Kamilah kalian dikembalikan.” (QS. Al-Anbiya : 35).

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.