Home / Artikel / Musrembang Warga Skeptis, Pemprov DKI Jakarta Harus Cari Solusi

Musrembang Warga Skeptis, Pemprov DKI Jakarta Harus Cari Solusi

Jakarta, sketsindonews – Musrembang (Musyawarah Rencana Pembangunan) setiap wilayah hingga usulan melalui rembug warga di DKI Jakarta dengan mekanisme “Bottem Up” terus dilakukan.

Tahapan itu kini hingga usulan di tingkat Kelurahan terus diperdayakan dalam rangka prioritas program warga dalam pembenahan kampung.

Pantauan sketsindonews. com persolan musrembang menjadi usulan ternyata masih memunculkan kwatiran bahkan skeptis, terbersit usulan warga hanya usulan namun tak ada realisasi apa yang menjadi harapan warga.

Menurut Ache (54) warga Kebon Kosong menyatakan, dirinya yidak bisa berharap banyak karena problematika wilayah Kebon kosong begitu terbelakang baik secara sosial ekonomi dan program sektor phisik (infrastruktur), pungkasnya.

Apalagi wilayah kami sebagian 70 % merupakan wilayah HPL PPKK (Pusat Pengelola Komplek Kemayoran) yang hingga kini sulit secara hukum dapat masuknya anggaran dari Pemprov DKI Jakarta, terkecuali selama ini dapat dilakukan dengan metode kerja bhakti antara pemerintah dan PPKK yang selama ini telah dilakukan di wilayah kami, ujar Ache.

Sementara aktivis lingkungan Djoko Sarjono alias Djoko Edan mengukapkan, antipati warga dalam musrembang itu fakta dalam usulan ketika diketahui tidak masuk pada Tingkat Kecamatan hingga Tingkat Kota dalam prioritas pembangunan.

Secara fakta ini sering terjadi di setiap Kelurahan, ditambah tidak adanya upaya Pemprov melakukan solusi terkait Musrembang yang tidak masuk.

Pysicologis warga itu yang seharusnya Pemerintah DKI mampu menafsirkan efek dari dinamika masyarakat untuk tetap dikedapankan melayani warga Jakarta dalam perubahan kampung. 

Idealnya Musrembang pada Tingkat Kota yang dibahas bukan yang sudah masuk, melainkan bagaimana usulan warga yang tak masuk tapi tetap di jalankan oleh SKPD dengan cara solusi alternatif sehingga itu tetap di jalankan bagi pelayanan warga baik program phisik dan ekonomi pemberdayaan sosial, jelas Djoko. (3/2)

Lurah Kebon Kosong Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat Syamsul Ma’arif mengatakan, ada 89 usulan dalam pra musrembang di wilayahnya yang terdiri dari 45 kegiatan fisik dan 44 non fisik, ujarnya usai Musrembang di Kantornya

Menurut Samsul, lingkungan Kebon Kosong banyak terdapat jalan yang rusak dan saluran air nya hancur seperti daerah tertinggal.

“Dari RW 4 sampai dengan RW 13 keberadaannya merupakan HPL PPKK. Sedangkan 3 RW diantaranya RW 1, 2 dan 3 adalah kepemilikan tanah warga masyarakat.”

Meski begitu, ia terus berupaya bagaimana konteks Musrembang bisa mendorong masyarakat lebih percaya, seandainya tak masuk warga pasti kecewa bahkan antipati terhadap program pemerintah.

Sambung Syamsul, yakni pihaknya dengan tetap mencari solusi program pro rakyat dengan upaya alternatif para unit SKPD untuk melayani dengan cara – cara swakola program kerja bhakti ataupun cara lain.

Jelasnya, mereka itu tetap harus fleksible dalam melayani apa maunya warga secara koordinatif untuk tidak dipatahkan pada hasil usulan yang tidak masuk dalam musrembang.

Misanya saja, insfratuktur jalan Kemayoran Gempol dari RT 1 sampai RT 12, maupun jalan di komplek Angkasa Pura tidak pernah disentuh. Untuk RW 02 usulan masyarakat khususnya mengusulkan normalisasi saluran air, terang Syamsul.

Lain lagi kata Kepala Divisi Pembangunan dan Pengawasan PPKK, Adi Suryadi yang turut hadir diacara tersebut mengatakan, pihaknya melakukan pekerjaan sesuai perencanaan.

“Kita PPKK bekerja sesuai dengan perencanaan dan master plan. Karena jika tidak sesuai perencanaan tentunya akan menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),” ucapnya.

Kegiatan tersebut dibuka Camat Kemayoran, Herry Purnama dihadiri, Irbanko yang diwakili Timbul dan Luhut, Subanpeko, Kasatpel, Puskesmas Kelurahan, RT/RW, FKDM, LMK, dan Kader PKK.

reporter : nanorame

 

 

 

 

 

Check Also

Hati Yang Baru dan Roh Yang Baru

(Hesekiel 36:25-28) Renungan, sketsindonews – Terjadinya pembuangan bangsa Israel, bukan berarti Allah tidak mengasihi mereka, …

Watch Dragon ball super