Home / Artikel / Musrenbang Johar Baru Harus Prioritaskan Akar Masalah

Musrenbang Johar Baru Harus Prioritaskan Akar Masalah

Jakarta, sketsindonews – Fenomena Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Johar Baru dalam program kesejahteraan di masyarakat akan menjadi sia – sia, jika akar masalah yang menjadi pokok lokalitas wilayah tidak menuntaskan masalah.

Hal ini diungkapkan Pengamat Perkotaan dari Universitas Trisakti Yayat Supriyatna melihat persoalan Johar Baru sangat kompleksitas harus diteliti, apakah ini masalah Johar Baru terkait lapangan kerja, kwalitas lingkungan atau penyelesaian masalh konflik.

Iti dulu yang harus di teliti makna Musrembang di Johar Baru, tegas Yayat. (28/2)

Kalo musrenbang itu dikerjakan sektor phisik saja musrenbang tidak ada artinya, apalagi oleh pihak ketiga (contractor) yang sifatnya “by proyek” tanpa melibatkan warga masyarakat (anak muda) yang terlatih, ini tentunya perlu menjadi pemikiran Pemerintah DKI Jakarta, tukas Yayat.

musrenbang. joharbaru.doc

“Problem Johar Baru yang selama ini konflik bukan hanya pada penataan tapi penyerapan ketenaga kerjaan itu yang harus prioritas. Misal dengan sistem “padat karya” (melibatkan tenaga warga) itu merupakan salah satu cara mereka dilatih terampil dan dilibatkan.”

Kedua, sambung Yayat, akar masalah utama konflik karena juga rebutan area atau lemahnya pembangunan ekonomi secara global, terang Yayat.

Sementara Wakil Walikota Jakarta Pusat Bayu Megantara saat ditemui sketsindonews.com menjelaskan, dengan adanya keseimbangan (50:50) antara phisik dan ekonomi ini tentunya merupakan bagian dari penyelesaian yang kompleks di wilayah Johar Baru.

Artinya, Johar Baru dengan Kecamatan wilayah lain di musrenbang sudah berbeda, tinggal perhatian khusus bertujuan bagaimana pemerintah dalam programnya bisa mengatasi masalah kesenjangan antara sektor phisik dan ekonomi, jelas Bayu.

Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Very Yonevile yang turut hadir menegaskan, kami harapkan musrenbang ini dapat dilaksanakan dengan mewujudkan keutamaan kearifan local.

Dengan demikian program ini benar nyata sangat bermanfaat bagi kelanjutan persoalan Johar Baru untuk dikedapankan bagi keragaman dan kesejahteraan warga Johar Baru, tandas Very.

Hadir pada musrenbang Camat Johar Baru Abdul Khoir, para SKPD Tingkat Kota, para Kasudin, para Lurah se-Kecamatan Johar Baru, para RW, LMK dan tokoh masyarakat di Johar Baru.

reporter : nanorame

Check Also

Sangat Sulit LHP DKI 2018 Dapat WTP Dari BPK

Jakarta, sketsindonews – Pengamat kebijakan publik Amir Hamzah memprediksi opini yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan …

Watch Dragon ball super