Home / Profile / Komunitas / Neno Warisman: Anak Bilpin Berhak Menjadi Presiden
Kiri-kanan: Bude Wati pendiri Bilpin (Memangku anaknya Obama yang menjadi inspirasi dalam mendirikan Bipin) dan Neno Warisman. (Foto: eky/sketsindonews.com)

Neno Warisman: Anak Bilpin Berhak Menjadi Presiden

Jakarta, sketsindonews – Hj. Titi Widoretno Warisman lebih akrab dipanggil Neno Warisman merasakan ketidak hadiran pemerintah dalam proses belajar mengajar di Bilik Pintar (Bilpin).

“Kalimatnya pakde gondrong (Bung Bowo pendiri Bilpin) negara tidak hadir disini; Itu pelajaran pertama dari pakde gondrong saat bertemu pertama kali,” ujar Neno saat menghadiri acara buka bersama dan santunan yang di adakan Bilpin, di Kampung penampungan (Gasong), Kuburan cina, menteng atas, sabtu (17/6).

Neno yang juga akrab disapa Bunda Neno itu berharap hal tersebut tidak terjadi lagi di DKI Jakarta. “Itu tidak boleh terjadi lagi,” ucapnya.

Bunda Neno mengutip ucapan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo yang mengatakan bahwa semuanya berasal dari jurang kesenjangan.

“Seperti pak Prabowo bilang bahwa semua penyakit ini datang dari jurang kesenjangan sosial, ketidak adilan sosial dan ini yang harus kita selesaikan,” ucapnya.

Dia juga mengatakan agar masyarakat tidak lagi berbicara pancasila, karena menurut mantan penyanyi di era-80 an ini semua warga Indonesia sudah Pancasila. “Ga usah di kotak-kotakan,” ucapnya.

Menurutnya, yang terpenting saat ini adalah apakah kita mampu menerima tantangan agar kemiskinan ini dapat dijembatani.

“Proses polarisasi yang kaya, kaya bangat; yang miskin, miskin bangat,” ujarnya. Hal tersebutlah, yang menurutnya harus dapat dijembatani.

Saat ini, diyakininya bahwa pemrintah sedang berusaha melakukan keberpihakan. “Kalaupun ngga, maka harus betul-betul kita dorong untuk keberpihakan semakin besar,” himbaunya.

Terkait masa depan, anak-anak di Bilpin, Bunda Neno mengatakan bahwa setiap anak di Bilpin mempunyai hak untuk menjadi presiden ataupun menteri.

“Saya melihat mereka punya hak yang sama, Otak mereka punya 100 miliar neuron dan mereka berhak menjadi Presiden, Menteri, Menjadi atlit dunia, Musisi dan meraka punya potensinya,” ujarnya.

Namun dia mengembalikan, apakah pemerintah berpolihak, karena dipastikannya semua itu bisa terjadi karena ada keberpihakan. “Dan semoga Bilpin bisa menjadi cermin,” tandasnya.

(Eky)

Check Also

Masyarakat Jurnalis Sketsindonews, Membuka Member dan Follower Bagi Publik Bisa Menulis

Jakarta, sketsindonews – Masyarakat jurnalis menjadikan bagian penting peran warga untuk berpartisipasi dalam menghadapi isu pembangunan lokal maupun nasional dalam kiprahnya publik ikut menjadi insan pers.

Salah satunya menciptakan peran jurnalis masuk pada kisi masyarakat secara langsung dimana masyarakat bisa langsung menulis apa yang di pikirkan, apa yang menjadi substansi problematika dan hasil cipta karya dari sumber kemunculnya dari “bootem up” berbagai aspek.

Sketsindonews salah satu media online yang kini terus berkembang dalam dinamika masyarakat, dimana membuka ruang dan waktu bagi peran masyarakat RT/RW dan komunitas untuk menjadi member Pers Jurnalis untuk bisa menulis dan mereportase hal yang berkembang, ujar nanorame Pimpinan Redaksi sketsindonews, di Kantor Apartement Sentra Timur, Jakarta Timur.(21/9).

Warga atau komunitas bisa memiliki sketsindonews menjadi bagian pengembangan informatik atau untuk menjadikan peran masyarakat jurnalis lebih bermartabat dengan syarat yang ada serta  ketentuan standar jurnalis yang ada, sehingga peran masyarakat bisa berkontribusi baik dalam karya, tulisan serta kritik yang komstruktif.

Pembekalan sudah pasti “product knowledge etika jurnalis”, selain nanti kita berikan sertifikat dan member pers sebagai wujud masyarakat jurnalis yang tergabung dalam satu lingkup lokalitas (daerah), apalagi peran RT/RW dan komunitas menjadi follower sketsindonews ini sangat luar biasa.

sketisinfonews sudah memiliki kolom dan katagori bagi peran jurnalis masyarakat dalam membuka ruang dan waktu dalam menyikapi isu sexy pembangunan, ekonomi, sosial, dan politik hingga pemberdayaan kaum perempuan, terang Nano.

Mudah saja kok, kata nano. Informasi dari masyarakat jurnalis yang nanti tergabung sudah menjadi pemberitaan yang valid karena mereka pelaku langsung selain berperan dalam kehidupan bermasyarakat (berinteraksi) dalam segala kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Terlebih mereka itu nantinya menjadi folllower terakreditasi (member) sketsindonews sehingga mereka pun terlindungi oleh legalitas formal sebagai masyarakat jurnalis yang di lindungi olrh UU Pers.”

Nano menghimbau, bisa saja masyarakat jurnalis mulai mencoba mengiirim berita untuk mrnjadi pewarta sekaligus bershare pokok topik secara langsung ke redaksi email : sketsaindonesia04@gmail.com atau nanorame44@gmail.com atau whatshaap 0822 – 258 – 258 -31.

Atau pula bisa kirim proposal dalam menunjang dan membentuk masyarakat jurnalis bersertifikasi yang handal dalam satu wilayah, jelasnya.

Sementara Tokoh masyarakat Kartini Sawah Besar Jakarta Pusat Kusyanto menyambut baik sketsindonews melebarkan diri dalam membangun komunikasi masyarakat langsung yang nantinya tergabung mrnjadi masyarakat jurnalis dalam satu lokalitas wilayah.

Apalagi mereka akan di bekali dengan keilmuan jurnalis sesuai potensi wilayah yang ada, ini hal yang di tunggu masyarakat dalam ikut mengawasi selain kami juga menjadi tokoh di RW sebuah wilayah sekaligus membangun komunikasi (member, follower) di media online membangun insan masyarakat jurnalis yang di gagas sketsindonews, tandas Kus.

Hal kedua, ini juga dalam antisipasi maraknya berita hoax sehingga masyarakat mampu megenarilisasi masalah yang terjadi untuk di kedepankan sumber berita yang berbasis masyarakat.

reporter : puteri

Terkait

Watch Dragon ball super