Back

Media Terpercaya

Operasi Patuh Semeru: Edukasi Warga Sumenep Patuhi Protokol Corona

Sumenep, sketsindonews – Operasi Patuh Semeru 2020 di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, ternyata mengantarkan masyarakat untuk mematuhi protokol corona. Edukasi tersebut didapat yakni ketika polisi menindak pengendara yang tidak memakai masker. 

Tindakan aparat penegak hukum adalah memberi teguran dan peringatan secara lisan. Tujuannya untuk mengetahui bahwa kedisiplininan menjaga protokol jadi hal pertama untuk menumbangkan virus corona. 

Operasi Patuh Semeru 2020 ini digelar selama 14 hari, terhitung sejak tanggal 23 Juli sampai 5 Agustus 2020. Kali ini Sabtu (25/7) merupakan kegiatan operasi kali ke tiga di Jalan Trunojoyo. Di lokasi ini para pengendara utamanya roda dua banyak terjaring razia akibat tidak memakai masker.

Hendra pengendara roda dua mengatakan, kegiatan operasi kali ini tampak berbeda dari yang sebelum-sebelumnya. Menariknya ada sisi lain dari kegiatan tersebut, yakni polisi mengetatkan pengendara yang tidak menggunakan masker. 

“Dampaknya akan dirasakan semua orang. Artinya melalui operasi ini, sisi lainnya tidak hanya menyelidiki surat-surat kendaraan, melainkan kedisiplininan protokol jadi misi utama,” kata Hendra, Sabtu (25/7/20). 

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Sumenep AKP Deddy Eka Aprianto mengatakan, tindakan bagi pengendara yang tidak mengenakan masker adalah pembinaan, yakni ditegur dan diberi peringatan secara lisan. 

“Pengendara yang tidak menggunakan masker, petugas tidak kemudian melakukan sanksi berupa penilangan, mereka hanya ditegur. Tapi surat-surat kendaraan harus lengkap,” kata AKP Deddy. 

Menurut dia, di masa pandemi Covid-19, masyarakat sudah sepatutnya sadar diri untuk menerapkan new normal corona. Artinya kebiasaan beraktivitas tanpa masker, diubah jadi budaya bermasker. Termasuk bagi pengendara.  

“Kami hanya mengimbau kepada masyarakat agar bisa disiplin dengan mematuhi protokol. Bagi masyarakat yang hendak beraktivitas agar memakai masker,” ujarnya. 

Polisi tidak hanya fokus kepada pengendara, melainkan kepada tukang becak yang jadi perhatian. Termasuk pejalan kaki di sekitar operasi  Dari itu, para petugas akan memberikan masker kepada mereka apabila tidak memakai masker. 

“Di kesempatan ini polisi sekaligus melakukan sosialisasi agar dapat mematuhi protokol Covid-19,” pungkasnya. 

(nru/pwk) 

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.