Home / Berita / Operasi PMKS: ‘Saya Warga Johar Baru, Ondel – Ondel Ini Saya Sewa Pak Satpol PP Buat Makan …!!’

Operasi PMKS: ‘Saya Warga Johar Baru, Ondel – Ondel Ini Saya Sewa Pak Satpol PP Buat Makan …!!’

Jakarta, sketsindonews – Monitoring dan penataan PMKS jalanan yang kerap kali mangkal di jalan protokol dan lingkungan terus di galakan Satpol PP Kecamatan Johar Baru Kota Jakarta Pusat.

Satpol PP Kecamatan Johar Baru saat lingkar operasi berhasil menangkap beberapa PMKS di titik strategis, selain diberikan pemahaman, seperti PKL di JPO Suprapto, Ondel – Ondel, Taman Interaksi serta pengamen di lampu merah.

Kasatpol PP Kecamatan Rojikin saat operasi, Kamis (1/4/21) mengatakan, lingkar operasi rutin merupakan salah satu cara untuk mempersempit ruang gerak PMKS kondisi menghadapi Ramadhan menjadi momentum, selain bisa menimbulkan kondisi wilyah tidak kondusif serta mengganggu ketertiban umum.

“9 PMKS yang terjaring kami amankan serta diperiksa semuanya merupakan ber KTP DKI Jakarta, dan mereka melakukan ini karena persoalan ekonomi ditengah pandemi untuk profesi serta mangkal di zona larangan,” ujarnya.

“Setelah kami data serta pemeriksaan PMKS kami serahkan kepada pihak Sudin Sosial untuk dibina karena itu merupakan domain sosial,” ucap Rojikin.

Ngamen Ondel – Ondel Untuk Makan

Antonio (25) pengamen ondel – ondel keliling kampung saat ditanya mengatakan, bahwa dirinya melakukan ini hanya keliling wilayahnya sendiri selain, karena ia merupakan warga Johar Baru.

“Saya ngamen ondel – ondel hanya hitungan jam keluar siang sore saya kembali kerumah setelah mendapatkan rata – rata sekitar 120 ribu rupiah dan terpotong untuk sewa ondel ondel 30 ribu rupiah di pasar Gaplok Kampung Rawa,” kata Antoni.

“Ini sewa pa jadi mohon jangan disita kalo tidak saya harus ganti ondel ondel ini hingga ratusan ribu rupiah,” ungkapnya.

“Mohon Yah pak satpol pp memohon,” dengan iba meminta ondel – ondelnya dikembalikan, ini senjata untuk cari makan keluarga,” iba Antoni.

Secara bersamaan Yanti Anggota FKDM Johar Baru saat ikut operasi PMKS mengatakan, persoalan PMKS jalana kadang diakuinya orang lingkungan sendiri sehingga perlu satu kearifan dalam penanganan penyelesaian.

Kadang warga diluar DKI ini menjadikan satu masalah kasus ini kita serahkan pihak Sudin Sosial, sebaliknya kalo warga lingkungan para FKDM Kecamatan bisa memberikan pemahaman untuk tidak operasi pada lingkungan masyarakat.

“Hal ini kami gebah untuk kami terus edukasi karena memang warga berharap agar lingkungan tidak menjadi rawan kekumuhan kawasan vital publik,” tutup Yanti.

(Nanorame)

Check Also

Ada Konten Membahayakan, Ketua DPD RI Minta Pemerintah Tegur TikTok

Bangkalan, sketsindonews -Aksi tawuran sekelompok anak di bawah umur yang terjadi di Surabaya, Jawa Timur …

Watch Dragon ball super