Home / Artikel / Panen Padi Berlanjut Terus di Kabupaten Musi Rawas

Panen Padi Berlanjut Terus di Kabupaten Musi Rawas

Musi Rawas, sketsindonews – Setelah Desa Pinang Banjar, berikutnya Desa B. Srikaton Kecamatan Tugu Mulyo, Kabupaten Musi Rawas. Kelompok tani Tiang Sadar 2 baru saja melakukan panen padi varietas Ciherang seluas Lahan sawah 11,5 hektar, dengan produktivitas mencapai 8-9 ton Gabah Kering Panen (GKP) per hektar. Panen ini dilakukan pada hari jumat pagi (22/12), dan akan terus berlanjut hingga sawah seluas 114 ha terpanen semua yang diperkirakan selesai pertengahan Januari 2018.
Kegiatan panen didampingi langsung oleh pihak Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Musi Rawas dan Penanggung jawab Upaya khusus padi, jagung, kedele (pajale) Kabupaten Musi Rawas, serta Penyuluh pertanian setempat.

Dalam siaran pers diterima sketsindonews.com, produksi beras di Musi Rawas terus menghadapi tantangan yang cukup berat, karena lahan sawah yang ada di Musi Rawas sebagian sudah mulai ada yang beralih fungsi menjadi kolam ikan dan bangunan permanen.

Oleh karena itu, sejumlah langkah yang dilakukan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Musi Rawas melalui Dinas Pertanian dan Peternakan di antaranya meningkatkan inovasi dan intesifikasi pertanian, meningkatkan indeks pertanaman, dan menggunakan benih unggul berkualitas.

“Selain itu, percepatan cetak sawah baru di wilayah Musi Rawas terus diupayakan untuk menambah luas tanam padi.” ujar Prof. Dr. Risfaheri selaku Penanggung jawab Upaya khusus untuk Kabupaten Musi Rawas.

Selain itu, pihak Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Musi Rawas, Tohirin, SP mengatakan, “Kabupaten Musi Rawas menargetkan pertambahan cetak sawah baru pada tahun 2017 dapat mencapai 500 ha. Potensi yang lain untuk meningkatkan produksi beras melalui pengembangan padi gogo di lahan perkebunan baru maupun di lahan peremajaan tanaman perkebunan. Koordinasi dengan beberapa instansi dan stakeholder dan pengawasan pelaksanaan di lapangan terus dilakukan secara intensif untuk mencapai target cetak sawah baru tersebut. Luas lahan sawah saat ini di Musi Rawas mencapai 30.511 hektar dan dengan pencetakan sawah baru 300-500 ha setiap tahunnya serta pengembangan padi gogo 1.500 – 3000 ha.” Katanya.

Tohirin melanjutkan, “Harapan
setiap tahun akan meningkat produksi beras di Musi Rawa secara signifikan. Semua ini memberi harapan besar bagi Musi Rawas untuk menjadi Kabupaten sentra beras di Sumatera Selatan.” Ungkap pria yang juga sebagai sekretaris dinas.

(Edo)

Check Also

Apa Kata Warga, Kemayoran Kembali Juara Festival Bedug Ramadhan 1439 H Tingkat Kota Jakarta Pusat

Jakarta, sketsindonews – Tak salah Kecamatan Kemayoran menjadi juara pertama selama 2 kali berturut – …

Watch Dragon ball super