Home / Artikel / Pansel Tingkat Kota Harus Test Calon Usulan Perwakilan Dekot Lebih Dari Satu Calon

Pansel Tingkat Kota Harus Test Calon Usulan Perwakilan Dekot Lebih Dari Satu Calon

Jakarta, sketsindonews – Pemilihan Dewan Kota (dekot) sebentar lagi di bulan September 2018 akan di lakukan panitia seleksi Tingkat Kota setelah mereka lolos pada tahapan pemilihan calon masuk usulan di Tingkat Kecamatan.

Pengamat Perkotaan Amir Hamzah di sela rapat Dewan di DPRD DKI saat di konfirmasi sketsindonews.com mengatakan, panitia seleksi pada tingkat kota seharusnya bukan menilai saat formalitas wakil usulan Kecamatan saja, namun pada usulan seharusnnya calon lebih dari satu usulan untuk mengikuti seleksi kelolosan dari tahapan di Kecamatan, pungkasnya. (2/9)

Kalo lolos pada tahapan Kecamatan, “yah otomatis gak usah lagi ada pansel tingkat kota karena sudah menjadi perwakilan hanya di lihat syarat secara administratif”.

Buat apa ada pansel tingkat kota, jelas Amir.

Pansel tingkat kota dibentuk seharusnya untuk seleksi secara terbuka bagi para calon dekot untuk mengadu ide gagasan calon lain yang menjadi kewenangan pansel sehingga benar calon dekot representasi wilayah yang punya bobot, kapasitas, dan pengalaman, kata Amir.

Amir sekaligus Ketua Budgeting Metropolitan Watch (BMW) kembali menegaskan, seyogyanya usulan masuk pada tingkat kota lebih dari satu calon, disitulah kerja pansel untuk mengambil penilaian satu calon untuk terpilih menampati posisi di Kecamatan atau senator atas kepatutan, kelayakan seorang calon serta figure kemampuan.

Begitupun pansel yang di tunjuk oleh pemerintah (BiroTapem) juga semestinya sosok yang punya kapasitas seluk beluk pemerintahan, kemasyarakatan secara luas serta dari beberapa disiplin ilmu dalam melakukan “prophet and test”.

Mengingat posisi dewan kota kedudukannya hampir menyerupai DPRD Tingkat II karena Jakarta berbeda dengan wilayah lain merupakan daerah Khusus Ibukota.

Dewan Kota itu legislator bahkan tink tank walikota dalam menyikapi aspirasi masyarakat yang bisa mendoromg program sukses Gubernur DKI bersama ASN tingkat kota dalam ikut berperan aktif mendorong dan menyelesaikan isu masyarakat, lingkungan, pembangunan yang ada di wilayah DKI Jskarta, jelas Amir.

reporter : nanorame

Check Also

Bawaslu Harus Cermati Reuni Aksi Persaudaraan 212 Yang Akan di Gelar di Monas

Jakarta, sketsindonews – Alumno 212 akan kembali menggelar aksi yangvrencananya akan menggelar di lapangan Monas …

Watch Dragon ball super