Home / Artikel / Para Elite Pembunuh Demokrasi Itu Sendiri, Pemilu Tak Ada Progress

Para Elite Pembunuh Demokrasi Itu Sendiri, Pemilu Tak Ada Progress

Jakarta, sketsindonews – Ray Rangkuti Direktur Executives Lingkar Madani (Lima) turut menyikapi, hajat demokrasi justru sekarang terkondisi karena elite politik menggerogoti proses Demokrasi itu sendiri.

Hal itu diungkapkan saat Sosialisasi Pemilu Pengawasan Partispatif yang di selenggarakan Bawaslu DKI di hadapan para pengawas perguruan tinggi di Jakarta di Hotel Alila Pecenongan Jakarta Pusat. (10-01-2017)

Pertama, memandang setengah hati, padahal demokrasi sistem yang lebih baik karena adanya peran yang sama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kata partisipatif bukan sebagai suatu yang lain (aneh), karna merupakan inheren dari demokrasi dalam pengelolaan jiwa setiap manusia.

Ini saling terkait antara pengawas, penyelenggara dan peserta harus di laksanakan secara baik dan benar dalam penyelenggaraan pemilu, ujarnya.

Pemilu bukan karena kepentingan untuk hari ini melainkan menjadi pembangunan demokrasi kedepannya dalam perannya negara konstitusi.

Pemilu kata dia, kali ini hanya pada cyclus pemilu menjadi rutinitas, dan tidak ada perubahan bagi perubahan kualitas pemilu, termasuk pelanggaran pemilu.

Lihat saja, kekerasan dalam pemilu, dinasti politik, money politik, politik sara, itu tak ada perubahan yang signifikan.

Yang berubah kata Ray pada data elektronik pemilih saja karena temuan tekhnologi, karena iti tak dapat di manipulasi.

Sementara sangsi pelanggaran pun itu sama artinya penyelenggara tak punya progress dari target apa yang menjadi kebutuhan demokrasi.

Harus ada fokus nya dalam pelanggaran pemilu DKI, atau karena gagalnya pelanggaran yang sulit ditegakkan atau sistem kualitas pemilu, papar Ray yang juga aktivis Demokrasi.

Pengawasan dalam pelanggaran juga harus naik grade, atau karena tidak bisa diselesaikan pengawasan atau sendiri sebagai lembaga pengawasan yang nota bene mengajak peran partisipatif yang secara prinsiple politik masif jelas ada pada setiap pemilu. (Nr)

Check Also

Pemerintah Pusat Akan Keluarkan Dana Kelurahan

Jakarta, sketsindonews – Presiden Jokowi berjanji akan menggulirkan dana kota (dana Kelurahan) sebelumnya dana desa, …

Watch Dragon ball super