Home / Artikel / Para Jawara Berkumpul di Rawa Belong Dalam Kreasi Silat Sanggar dan Budaya

Para Jawara Berkumpul di Rawa Belong Dalam Kreasi Silat Sanggar dan Budaya

Jakarta, sketsindonews – Ratusan jawara dan pendekar silat Betawi unjuk gigi dalam acara ‘Gebyar Kreasi Silat dan Seni Budaya Betawi Rawa Belong’,

Berbagai keahlian beladiri dari para guru pun ditampilkan, mulai dari perorangan maupun kelompok yang di sajikan selama 2 hari. (24-25/12/2017)

silat usia dini. fkbb. rawabelong. doc

Acara yang diselenggarakan Forum Komunikasi Budaya Betawi (FKBB) dan berlangsung di Jalan H.  Sulaeman Rawa Belong Jakarta Barat tersebut dalam tampilannya tujuan melestarikan bela diri pencak silat sebagai budaya Betawi.

Namun faktanya masih banyak komunitas perguruan kampung dalam aliran silat berbeda yang terus berkembang di padepokan rawa belong.

“Tidak lain dan tidak ada maksud lain, gelar budaya ini kita lakukan adalah agar anak cucu kita jangan sampai tidak mengetahui budaya Betawi pencak silat ini,” jelas Ahmad Sauqi, Ketua FKBB.

Ahmad Sauqi yang juga dikukuhkan sebagai Ketua Umum FKBB Provinsi DKI Jakarta dengan pemberian tongkat kepimpinan dirinya berharap seni dan budaya tersebut tidak semata menampilkan pencak silat.

Melainkan juga, berbagai tarian Betawi antara lain tari topeng, tari yapong dan lain sebagainya. “Ada sebanyak 235 padepokan silat dan sanggar tari Betawi ikut meramaikan acara,” jelasnya.

Hanya dengan Forum ini akan kami satukan berbagai aliran silat untuk serara dengan sanggar yang lainnha, walaupun kita tahu BAMUS Betawi untuk tidak memilah potensi yang ada dalam satu wadah padepokan kelestarian Budaya Betawi.

Target dari FKBB tak muluk ujar, Sauqi. Tapi minimal Silat Betawi dari berbagai aliran kampung ini bisa masuk IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia).

Sementara Sektaris FKBB H. Heru Nuryaman menyatakan, Budaya dan SDM sangat beriringan dalam menjaga tatanan kearifan lokal untuk dikembangkan sebagai salah satu kekuatan profesi bagi sumbangsih pembangunan DKI.

Salah satunya Silat menjadi pariwisata, seni dan sportainment untuk sejajar dengan beladiri lainnya dari Luar Negeri.  Kami sudah bina berbagai pedepokan, mulai usia dini memahami karakter silat betawi sampai tingkat berguru tingkat kampung.

Ini akan menjadi sebuah nilai sejarah yang tak pernah hilang di Rawa Belong yang dulunya terkenal banyak kumpulnya para pendekar hingga kini banyak berpindah seiring majunya perkembangan pembangunan Tangerang, Depok hingga daerah penyanggah DKI, ujar Heru.

reporter : nanorame

 

Check Also

Ayo Bangkit Untuk Kembali Hidup Normal, Warga Menteng Bersihkan Pasca Kebakaran

Jakarta, sketsindonews – Pasca kebakaran pekan lalu yang menimpa warga Jalan Menteng Tenggulun RW 010 …

Watch Dragon ball super