Home / Artikel / Para Jawara Berkumpul di Rawa Belong Dalam Kreasi Silat Sanggar dan Budaya

Para Jawara Berkumpul di Rawa Belong Dalam Kreasi Silat Sanggar dan Budaya

Jakarta, sketsindonews – Ratusan jawara dan pendekar silat Betawi unjuk gigi dalam acara ‘Gebyar Kreasi Silat dan Seni Budaya Betawi Rawa Belong’,

Berbagai keahlian beladiri dari para guru pun ditampilkan, mulai dari perorangan maupun kelompok yang di sajikan selama 2 hari. (24-25/12/2017)

silat usia dini. fkbb. rawabelong. doc

Acara yang diselenggarakan Forum Komunikasi Budaya Betawi (FKBB) dan berlangsung di Jalan H.  Sulaeman Rawa Belong Jakarta Barat tersebut dalam tampilannya tujuan melestarikan bela diri pencak silat sebagai budaya Betawi.

Namun faktanya masih banyak komunitas perguruan kampung dalam aliran silat berbeda yang terus berkembang di padepokan rawa belong.

“Tidak lain dan tidak ada maksud lain, gelar budaya ini kita lakukan adalah agar anak cucu kita jangan sampai tidak mengetahui budaya Betawi pencak silat ini,” jelas Ahmad Sauqi, Ketua FKBB.

Ahmad Sauqi yang juga dikukuhkan sebagai Ketua Umum FKBB Provinsi DKI Jakarta dengan pemberian tongkat kepimpinan dirinya berharap seni dan budaya tersebut tidak semata menampilkan pencak silat.

Melainkan juga, berbagai tarian Betawi antara lain tari topeng, tari yapong dan lain sebagainya. “Ada sebanyak 235 padepokan silat dan sanggar tari Betawi ikut meramaikan acara,” jelasnya.

Hanya dengan Forum ini akan kami satukan berbagai aliran silat untuk serara dengan sanggar yang lainnha, walaupun kita tahu BAMUS Betawi untuk tidak memilah potensi yang ada dalam satu wadah padepokan kelestarian Budaya Betawi.

Target dari FKBB tak muluk ujar, Sauqi. Tapi minimal Silat Betawi dari berbagai aliran kampung ini bisa masuk IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia).

Sementara Sektaris FKBB H. Heru Nuryaman menyatakan, Budaya dan SDM sangat beriringan dalam menjaga tatanan kearifan lokal untuk dikembangkan sebagai salah satu kekuatan profesi bagi sumbangsih pembangunan DKI.

Salah satunya Silat menjadi pariwisata, seni dan sportainment untuk sejajar dengan beladiri lainnya dari Luar Negeri.  Kami sudah bina berbagai pedepokan, mulai usia dini memahami karakter silat betawi sampai tingkat berguru tingkat kampung.

Ini akan menjadi sebuah nilai sejarah yang tak pernah hilang di Rawa Belong yang dulunya terkenal banyak kumpulnya para pendekar hingga kini banyak berpindah seiring majunya perkembangan pembangunan Tangerang, Depok hingga daerah penyanggah DKI, ujar Heru.

reporter : nanorame

 

Check Also

Rico di Jerusalem : Doa Masyarakat Jordan Untuk Prabowo Menjadi Presiden RI

Jakarta, sketsindonews – Sosok Prabowo Subianto di mata publik Jordania terutama masyarakat muslim sangat familiar dengan calon presiden (Capres) Prabowo Subianto. Karena Prabowo pernah tinggal di Negara Jordania cukup lama sehingga mereka tak asing, apalagi terdengar Prabowo Subianto di harapkan menjadi Presiden Republik Imdonesia.

Mereka mendoakan agar Prabowo-Sandiaga Uno terpilih memimpin Indonesia dengan damai, beradab untuk majunya bangsa-bangsa di dunia.

Hal ini diungkapkan Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta) M Rico Sinaga saat ini berada di Jordania dalam rangka melakukan perjalanan wisata religius ke Jerusalem.

rico.sinaga.jerusalem.teligius.doc 

Doa warga negeri Jordania dengan mayoritas muslim yang sangat kaya minyak bumi untuk pasangan Prabowo-Sandi sangat berharap menjadi pemimpin di Indonesia.

“Masyarakat Jordania sangat familiar dengan Prabowo Subianto. Mereka mendoakan agar Prabowo- Sandi menang dalam Pilpres 2019 nanti. Masyarakat Jordan tahu Prabowo sedang maju ke dua kalinya menjadi capres,” katanya. (23/9)

Rico juga menyampaikan selamat kepada Prabowo-Sandi atas hasil pengundian oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat (21/9/2018 ) malam, di mana duet ini menempati nomor urut 2.

“Selamat kepada pasangan Prabowo-Sandi mendapat nomor 2″.

Itu dua jari victory Kemenangan. Saya berbincang-bincang dengan beberapa lapisan masyarakat di Jordan negara Islam ini, saya senyum-senyum, mereka familiar dengan nama Prabowo,” ucap Rico melalui pesan WhatsApp kepada sketsindonews.com.

reporter : nanorame

Terkait

Watch Dragon ball super