Home / Artikel / Pasar Poncol Pendataan Pedagang Retribusi Diduga Tidak Valid

Pasar Poncol Pendataan Pedagang Retribusi Diduga Tidak Valid

Jakarta,sketsindonews – Pasar Poncol JP 34-35 Bungur, Senen disinyalir melakukan pendataan yang tidak valid terhadap jumlah pedagang binaan UMKM Kota Jakarta Pusat.

“Jumlah itu ribuan bukan ratusan, saat sketsindonews.com melakukan penyisiran lokasi gang sempit di lokasi tersebut.”

Dimana dalam Pergub 10 Tahun 2015, Pedagang Kaki Lima yang selanjutnya disingkat PKL adalah pelaku
usaha yang melakukan usaha perdagangan dengan menggunakan
sarana usaha bergerak maupun tidak bergerak, menggunakan
prasarana kota fasilitas sosial, fasilitas umum, lahan dan bangunan
milik pemerintah dan/atau swasta yang bersifat sementara atau tidak
menetap.

Menurut Kepala Sudin UMKM Jakarta Pusat Bangun Richard saat ditemui, ditanya data itu, Dia hanya tersenyum dengan bahasa tubuh seolah itu membenarkan.

Menurut Bangun Richard, retribusi Auto Debet merupakan kewajiban setiap pedagang dalam aturan Pergub Retribusi Elektronik, serta perubahan bangunan lapak pasar model (ruko besar) juga ada aturan bukan pula sama dengan lapak, ini tidak adil, tuturnya.

Sementara banyak pula yang tak didaftarkan auto debet dan tidak membayar retribusi sekian bulan, ini harus juga didata secara jujur bukan malah ini menjadi pungli, tukasnya.

Dilain pihak tanggapan Rosiana Rachman (30) saat ditemui mengatakan, kordinator atau paguyuban pengelolaan PKL sudah seharusnya memikirkan pengelolaan yang sudah mandiri secara managerial.

Bukan pula harus mengandalkan APBD DKI dalam melakukan perubahan fisik (infrastruktur) terkait realokasi, imbuhnya.

Trend sekarang kan sudah jelas provite, dan itu bisa gandeng pihak CSR baik itu Teh Sosro atau Mayora yang selama ini sangat concern di bidang pembinaan management tata kelola pasar dan produk branded. (Nr)

Check Also

Kader JKN Pelajari Soal Selisih Biaya

Jakarta, sketsindonews – Kader Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan mitra BPJS Kesehatan untuk berhubungan langsung …

Watch Dragon ball super