Home / Berita / Internasional / Pastikan Pemerataan Akses Pendidikan bagi WNI di Jepang, Dubes Heri Kawal Pembangunan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Ibaraki

Pastikan Pemerataan Akses Pendidikan bagi WNI di Jepang, Dubes Heri Kawal Pembangunan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Ibaraki

Tokyo, sketsindonews – Duta Besar RI untuk Jepang, Heri Akhmadi melakukan kunjungan ke Prefektur Ibaraki untuk berdialog dengan warga negara Indonesia (WNI) serta memberi dukungan terhadap aktivitas keagamaan sosial kemasyarakatan dan sosialisasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Rabu (30/6/21).

Turut mendampingi Dubes Heri, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Yusli Wardiatno dan Pejabat Bidang Ekonomi KBRI Tokyo Monica Sonya.

Dalam kunjungan ke Masjid Indonesia At Taqwa di Koga-shi, Ibaraki, Dubes Heri melihat dari dekat proses pembangunan masjid dan PKBM yang pendanaannya berasal dari dana swadaya WNI yang tinggal di sekitar lokasi serta didukung penuh oleh Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Jepang dan KBRI Tokyo.

Kepada Rohibun selaku Ketua Pengurus Masjid At Taqwa, Dubes Heri menyampaikan pesan agar Masjid dapat menjadi tempat PKBM dan promosi budaya Indonesia, yang tentunya dapat memberi manfaat bagi masyarakat.

“Jadikan Masjid tidak hanya sebatas tempat ibadah, melainkan pula sebagai tempat sosial kemasyarakatan,” ujar Dubes Heri.

Usai berdialog dengan jamaah Masjid At Taqwa, Dubes Heri berdialog dengan tokoh-tokoh agama dan komunitas masyarakat Sahabat Indonesia di Oarai Ibaraki. Tokoh-tokoh yang hadir di antaranya Kiki Sinaulan-Ketua Umat Katolik Oarai, Pendeta Cynthia Rambitan-GMIJ Betlehem, Pendeta Petra Rau-GMIM Nazareth Oarai dan tokoh masyarakat Jhony Galag.

Dalam perbincangan santai yang berlangsung di Bunaken Cafe Ibaraki, Dubes Heri menyampaikan apresiasi atas perhatian dari para tokoh masyarakat dalam upaya Perlindungan WNI di Jepang yang juga merupakan prioritas KBRI Tokyo.

“Terima kasih atas perhatian dan solidaritas yang diberikan bagi sesama WNI. Tetap patuhi aturan yang berlaku, jaga protokol kesehatan dan terus lakukan kerja sama dan koordinasi dengan KBRI Tokyo. Jaga nama baik Indonesia,” demikian tegas Dubes Heri.

Dubes RI meninjau Pabrik Seafood Nakayama Shouten

Selanjutnya, Dubes Heri meninjau WNI yang bekerja di Pabrik Seafood Nakayama Shouten. Dalam dialog dengan WNI yang bekerja di pabrik itu, Dubes Heri menekankan agar terus berkinerja baik dan menjaga kesehatan. Dalam kunjungan ke pabrik pengolahan dan pengemasan ikan ini, Dubes Heri di dampingi oleh Walikota Oarai, Yutaka Kunii.

Menutup kunjungan ke Ibaraki, Dubes Heri juga berdialog dengan Masyarakat Bali yang tergabung dalam Asosiasi Orang Bali di Ibaraki (ASOBI). Pembicaraan yang berlangsung adalah seputar pemberdayaan masyarakat dan pengembangan PKBM.

Dalam catatan Imigrasi Jepang per Juli 2020, WNI terdata di Ibaraki berjumlah 4.226 jiwa.

(Eky)

Check Also

TNI AD Terima 380 Tabung Oksigen Dari SSK Migas dan Kadin

Jakarta, sketsindonews – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) bertempat di Gedung Tribun E …

Watch Dragon ball super