Home / Berita / Pecah Telur, Jadi Tradisi Kenaikan Pangkat Di Lanud Adisutjipto

Pecah Telur, Jadi Tradisi Kenaikan Pangkat Di Lanud Adisutjipto

Yogyakarta, sketsindonews – Tradisi kenaikan pangkat dengan pecah telur ini tergolong langka, hampir tidak dilakukan di Satuan lain, Senin 3/4 Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, MM. melakukan pecah telur dipunggung dan kepala kepada para anggotanya yang naik pangkat serta penyiraman air secara massal. Tradisi tersebut dilaksanakan usai upacara bendera.

[caption id="attachment_10442" align="aligncenter" width="300"] Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, saat pecah telur kepada anggota yang naik pangkat, 3/4 di lapangan Jupiter. (Dok. Kapentak Lanud Adisutjipto)[/caption]

Pecah telur Ini bermakna agar personel yang mendapat kenaikan pangkat ibarat sebutir telur yang menetas dan pecah dengan sebuah pemikiran dan gagasan baru dalam setiap pelaksanaan tugas.

“Sedangkan penyiraman air bermakna agar para prajurit yang mendapatkan kenaikan pangkat mendapatkan siraman berkah dan pembersihan diri agar menjadi prajurit dengan semangat yang baru dalam pengabdian tugasnya,” papar Danlanud.

[caption id="attachment_10445" align="aligncenter" width="300"] Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, saat menyematkan pangkat baru kepada perwakilan, 3/4 di lapangan Jupiter. (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)[/caption]

Ada suatu hal yang menarik ketika Komandan Lanud Adisutjipto memecahkan telur yang dimaksudkan untuk salah satu anggota yang naik pangkat, justru pecahan telur tersebut mengenakan celananya, saat itu pula disambut histeris dari para stafnya.

[caption id="attachment_10441" align="aligncenter" width="300"] Kepala Dinas Personil Kolonel Pnb Dedy Susanto saat pecah telur kepada anggota yang naik pangkat, di lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto. (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)[/caption]

Komandan Lanud Adisutjipto berpesan bahwa kenaikan pangkat bukan merupakan  suatu hal yang terjadi secara otomatis. Akan tetapi, pada hakekatnya adalah merupakan bagian dari pembinaan personel yang dilaksanakan secara terus menerus dan terencana, yang diberikan berdasar atas prestasi, dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan selama dinas.

[caption id="attachment_10456" align="aligncenter" width="300"] Sejumlah anggota Lanud Adisutjipto saat melaksanakan tradisi penyiraman air usai melaksanakan Upacara kenaikan pangkat di Lapangan Jupiter, Lanud Adisutjipto, Senin (3/4). (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)[/caption]

Kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dari sebelumnya, sebanyak 158  personel, terdiri dari 32 orang Perwira menengah 19 orang perwira pertama dan dari personel berpangkat  Bintara dan Tamtama sejumlah 107.

Upacara kenaikan Pangkat bagi anggota Lanud Adisutjipto periode 1 April 2017 ini dilaksanakan di dua tempat, yaitu untuk Bintara dan Tamtama dilaksanakan di lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto dalam sebuah upacara, sedangkan untuk perwira dilaksanakan Laporan Korp Perwira di Gedung Jupiter Lanud Adisutjipto.Senin (3/4). (Kumara)

Check Also

Jumlah Penduduk Indonesia Besar, Asosiasi Pengusaha IT Malaysia Antusias Masuk ke Pasar Indonesia

Jakarta, sketsindonews – GAIN merupakan program inisiatif dari Malaysia Digital Economy Corporation (MDEC), yang membawahi kegiatan GAIN Connex Indonesia dan diselenggarakan melalui kerjasama dengan International Data Corporation (IDC) ASEAN.

Program GAIN yang memudahkan kolaborasi antara Indonesia dan Malaysia pun langsung mendapat respon positif baik dari pihak Pengusaha IT Malaysia maupun Indonesia yang berpartisipasi program ini.

Country Director of CXS Analytics Sdn Bhd, Melissa Teh, mengatakan, ini pertama kalinya pihaknya mengikuti event ini di Indonesia dan banyak keuntungan yang didapatkan dari acara di bawah program tersebut.
Menurutnya, jumlah penduduk Indonesia yang besar menjadi sorotan bahwa perusahaaan IT Malaysia juga bisa bersinergi dengan pengusaha yang ada di Indonesia.

“Jumlah penduduk yang besar menjadi keunggulan dari Indonesia sehingga para pengusaha IT dari luar ingin bersinergi dengan Indonesia. Kami banyak belajar dari program ini dan berkesempatan bertemu dengan calon reseller dan konsumen. Kami akan mendukung program ini karena kami bertujuan memperluas bisnis ke seluruh Asia Tenggara. Indonesia kami lihat sebagai negara yang punya ekosistem teknologi yang berkembang pesat,” kata Melissa Teh di Jakarta (24/9).

Jeffrey Fok Boon Hung, Director of Finexus Jakarta Group, mengungkapkan program GAIN sangat membantu bisnisnya. Selain itu, program ini menunjukkan dan sekaligus menyediakan channel-channel yang sangat membantu, terutama dalam hal-hal prosedural, seperti perpajakan, dan tentu saja cara-cara yang tepat untuk membangun bisnis di Indonesia.

“Kami perusahaan Malaysia sangat terbantu dengan adanya program ini. Tentu menjadi hal yang positif dari berbagai aspek. Di mana program GAIN menyediakan channel-channel yang sangat membantu terkait prosedural, seperti pajak dan cara-cara yang tepat untuk bangun bisnis di Indonesia. Sehingga para pengusaha baru juga cepat beradaptasi dan bisa fokus mengembangkan perusahaannya” ungkap Jeffrey.

Jeffrey pun menambahkan jika program GAIN ini sudah dari awal muncul maka akan memudahkan dia dalam membangun bisnis di Indonesia.

“Jika ada dari awal maka kami mungkin akan lebih solid dalam berbagai hal fundamental membangun bisnis di Indonesia,” katanya.

Sebelumnya, Vice President of Enterprise Development MDEC, Gopi Ganesalingam mengatakan, program yang telah memilih 17 perusahaan untuk berpartisipasi ini membuka potensi kerja sama antara Indonesia dan Malaysia sekaligus kesempatan untuk memperkuat hubungan ekonomi antarnegara.

“Kerja sama dengan IDC ASEAN untuk GAIN Connex Indonesia memberikan pengetahuan yang memberikan akses penghubung antara perusahaan Malaysia yang berpartisipasi dengan pemangku kepentingan di Indonesia. Kami harap masing-masing pihak mendapatkan manfaat dari kerja sama ini, yang nantinya berdampak bagi perekonomian Indonesia,” tutur Gopi Ganesalingam di Satrio Tower, Jakarta, Kamis (20/9).

(Red)

Terkait

Watch Dragon ball super