Home / Artikel / Pedagang Ayam Bakar Buang Limbah, Membuat Lurah Sumur Batu Geram

Pedagang Ayam Bakar Buang Limbah, Membuat Lurah Sumur Batu Geram

Jakarta, sketsindonews – Banyak para PKL yang menempati trotoar (pendestrian) tidak disiplin dalam melakukan pembuangan hasil limbah produk makanan bahkan lemak sisa di sekitar trotoar himgga saluran terjadi penyumpatan sedimentasi yang sulit dibersihkan oleh petugas sarana dan prasarana umum (PPSU).

Lurah Sumur Batu Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat Bayu Randi Wiradian sempat geram saat dirinya melakukan pemeriksaan pembersihan hasil limbah sebuah pedagang ayam bakar di Jalan Sumur Batu Raya.

ayam bakar. limbah. doc

Bayu Randi sempat marah dan menegur pihak ayam bakar para pegawainya untuk tidak lagi membuang lemak pembuangan serta pihak pemilik juga ikut menjaga dan pembersihkan saluran yang mengendap di depan rumah makan ayam bakar.

Kata Bayu, bayangkan saja didepan ayam bakar yang setiap harinya ramai saluran itu hanya sekitar 15 M kami bersihkan bisa mencapai 70 karung lebih lumpur serta sampah lemak yang sulit diangkut, tukasnya.

“Kami sudah panggil pihak pemilik Ayam Bakar tersebut untuk setidaknya pendestrian (jalan) yang dipakai membakar makanan dibersihkan sehingga tidak kumuh warna kusam oleh lemak.”

Ada beberapa titik akibat PKL seluruh fasilitas rusak baik taman maupun fasilitas umum yang dilakukan aktifitas PKL malam hari seperti di Jalan Sumur Batu Raya.

Kami sudah larang PKL itu bahkan melakukan sosialisasi untuk tidak beroperasi namun kembali hal ini adanya ormas tertentu yang memback up dengan tidak memikirkan tata lingkungan hingga kutipan jaminan, jelas Bayu Randi. (27/11)

Sementara Mito (30) pegawai Ayam Bakar mengakui, bahwa pelanggan ayam bakar ini sangat laris hingga jam 22.00 WIB. Mengenai saluran itu bukan kami yang harus bersihkan, kami kan hanya pegawai dalam melayani pembeli, ucapnya.

Pantauan sketsindonews.com bahwa makanan ayam bakar dalam pengolahan terlihat secara terbuka dan diletakan saja di lantai dalam melakukan pilah ayam serta pembutan bumbu.

Terkesan tidak hyginies karena tidak ada alas plastik dalan menyiapkan tahapan pemilhan ayam serta penataan ayam yang akan di sajikan pembeli, herannya lembeli minat ayam bakar Sumur Batu sungguh ramai hingga malam hari pengunjung untuk antri.

reporter : nanorame

 

 

 

 

 

Check Also

Harkitnas Ke-110, Indonesia Menuju Era Ke-Emasan

Malang, sketsindonews – Bertempat di Stadion Dirgantara Lanud Abd Saleh dilaksanakan upacara bendera dalam rangka …

Watch Dragon ball super