Home / Artikel / Pedulikah Pasar Poncol Terhadap Sampah PHB Kali Baru Untuk Bersih

Pedulikah Pasar Poncol Terhadap Sampah PHB Kali Baru Untuk Bersih

Jakarta, sketsindonews – Kepedulian pedagang Pasar Loak Poncol Bungur Kecamatan Senen Jakarta Pusat dalam menjaga nilai kebersihan kali sepertinya perlu di uji terkait saluran PHB Kali Baru akibat dipenuhi sampah hasil PKL

Sebelumnya menumpuk di kali saat sketsindonews memantau lokasi aktifitas ekonomi pedagang beberapa waktu yang lalu termasuk pohon besar yang tidak tuntas dalam penopingan dilokasi pasar.

Lurah Bungur Aruwanto kepada sketsindonews. com mengatakan, pihaknya telah di ajak oleh Satpel Kecamatan UMKM Suwarto untuk  bersama secara aktif melaksanakan kerja bakti kawasan Poncol dalam ikut antisipasi saluran PHB yang penuh sampah, ujarnya.

Namun kalo kerja bhakti hari Minggu ini kan sudah menjadi jadwal tetap RW lain, sepatutnya kalo pun diadakan kerja bhakti masal oleh pedagang dan management poncol harus juga ikut secara aktif, pungkasnya. (12/12)

“Kalo kami kan hanya petugas PPSU yang diturunkan nantinya, terkait sarana lain pengerukan itu bagaimana Sudin SDA dan Sudin Kebersihan LH ini yang harus di bicarakan secara koordinatif menyelesaikan sarana kerja bhakti.”

Saluran PHB itu bukan domainnya PPSU tapi menjadi pekerjaan Sudin LH bersama binaan Sudin UMKM dalam menggerakan potensi pengelola pasar Poncol Bungur, jelas Aru.

Partisipasi aktif para pedagang ini seharusnya sudah menjadi kewajiban pengelola pasar dalam menyikapi lingkungan dalam mewacanakan kerja bhkati massal yang mau dilaksanakan secara serentak.

Sementara warga Bungur Hakim menyinggung, PKL itu punya aturan terhadap K3L (Kebersihan, Keamanan, Kebersihan dan Lingkungan), jadi tak pelak lagi pedagang itu harus peduli terhadap lokasi sebagai sarana mereka berusaha untuk menjaga nilai itu, tukasnya.

Kalo tidak JP itu harus devaluasi oleh Camat Senen Munjir Munaji untuk tidak menjadi usulan lagi karena lingkungan saja tidak peduli, apalagi bicara pembersihan hasil sampah lingkungan pasar.

Jangan dong semuanya mengandalkan PPSU untuk membersihkan kali sepanjang 6.00 M yang penuh sampah, sementara kerja PPSU itu sudah terbagi yang kami tahu, ujar Hakim.

Ini kan test bagi para pedagang poncol, apakah pengelola dan pedagang bisa sinergi atau tidak dalam menjalankan fungsi pasar dalam menjaga estetika bagi kelangsungan hidup mereka sendiri untuk peduli, tutupnya.

reporter : nanorame

 

 

 

Check Also

Security Pos Warga Kelurahan Kebon Kosong

Jakarta, sketsindonews – Security Pos Warga Kebon Kosong Kecanatan Kemayoran lakukan pengamanan terpadu Ramadhan 1439 …

Watch Dragon ball super