Home / Berita / Nasional / PELATIHAN PEMBINAAN KARAKTER STMIK AMIKOM RESMI DITUTUP

PELATIHAN PEMBINAAN KARAKTER STMIK AMIKOM RESMI DITUTUP

Yogyakarta, sketsindonews.com – Wakil Gubernur AAU Marsma TNI Johanes Berchmans SW secara resmi menutup pelatihan pembinaan karakter kepada mahasiswa STMIK AMIKOM Yogyakarta di Ksatrian Akademi Angkatan Udara, Sabtu (11/2) di Gedung Sabang Merauke AAU.

Melalui pelatihan pembinaan karakter ini para mahasiswa STMIK Amikom dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari hari di masyarakat. Khusus untuk peserta pelatihan Gubernur juga memberikan penekanan mengenai nasionalisme dan bela negara. “Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada negara kesatuan Republik Indonesia berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar negara republik indonesia tahun 1945, dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. Bukan hanya sebagai kewajiban dasar manusia, tetapi juga merupakan kehormatan warga negara sebagai wujud pengabdian dan kerelaan berkorban kepada bangsa. Hal ini di ungkapkan oleh Gubernur AAU yang disampaikan oleh Wakil Gubernur AAU Marsma TNI Johanes Berchmans SW.

Melalui pelatihan pembinaan karakter dan wawasan kebangsaan para peserta telah mendapatkan materi yang tertuang dalam empat garis besar pembinaan kedisiplinan yaitu Pertama motivasi, Kedua pembinaan karakter dan mental, Ketiga kepemimpinan lapangan, Keempat yaitu nasionalisme dan bela negara.
“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh peserta yang telah bersemangat mengikuti semua rangkaian kegiatan dengan baik,” paparnya.

Sementara itu Dirjian AAU Kolonel Nav Budi Handoyo selaku Koordinator Penyelenggara Pelatihan menyampaikan, dalam pelatihan pembinaan karakter mahasiswa STMIK Amikom, para mahasiswa telah mendapatkan beberapa materi pelatihan diantaranya dalam kegiatan lapangan dan klasikal. Dalam kegiatan klasikal akan dilaksanakan ceramah tentang Character Building, Wawasan Kebangsaan, Bela Negara, Kepemimpinan dan Psikologi.

“Dalam kegiatan lapangan akan dilaksanakan pelatihan Kepengasuhan dan pengenalan kedisiplinan dalam keseharian, PBB, Caraka Malam, renungan Suci, dan Assesment atau Evaluasi kegiatan untuk mengetahui sejauh mana materi yang diberikan dalam pelatihan dapat terserap dengan baik,” ungkapnya.

Pelatihan Pembinaan Karakter dilaksanakan selama 7 hari mulai tanggal 5 sd 7 Februari 2017 dan dibagi ke dalam 3 gelombang dimana setiap gelombang diikuti kurang lebih 645 orang dengan melibatkan dosen, instruktur dan pengasuh AAU.

Reporter : Kumara

Check Also

SBY WO Saat Deklarasi Kampanye Damai, Protes KPU Atribut Partai Dukungan

Jakarta, sketsindonews – Acara kampanye deklarasi pemilu damai yang di gelar KPU Nasional dalam rangka mendukung sukses penyelenggaraan pemilu Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meninggalkan lapangan Monas saat acara dimulai.

“Nggak ada, jangan lebay lah,” kata Budi di Monas, Jakarta Pusat, ujar Budi Arie Ketua Projo.

Pokoknya itu tidak benar Budi nyarakan, tidak ada provokasi dari pihaknya. Dia memastikan relawannya hanya melakukan deklarasi damai.

deklarasi.kampanye.damai.thamrin.doc

“Nggak ada provokasi, ini kan kampanye damai,” sebutnya.

Sebelumnya, SBY WO karena merasa diperlakukan tidak adil. SBY WO bersama Ani Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Edhie Baskoro Yudhoyono pergi di tengah acara.

 

Ada juga atribut partai pendukung pro-Jokowi yang diprotes SBY. Presiden RI ke-6 itu pun akan melayangkan protes resmi ke KPU.

“Ini dianggap ketidakadilan oleh Pak SBY,”

Karena merasa aturan tidak ditegakkan, SBY yang kebetulan bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kemudian meninggalkan acara. SBY akan melaporkan hal tersebut ke Bawaslu.

“Ini dianggap ketidakadilan oleh Pak SBY,” jelasnya

Sementara itu, Sekjen Partai Demokrat Hinca merasa pihak KPU telah melanggar aturan yang dibuat oleh lembaga itu sendiri. Yakni terkait tak adanya atribut partai yang dibawa saat acara deklarasi digelar.

“Partai Demokrat protes keras, Pak SBY juga turun dari barisan karena melihat banyak sekali aturan main yang tak disepakati,” kata Hinca.

SBY pun kemudian menitipkan Partai Demokrat dan Kader yang masih di lokasi kepada Hinca untuk dihandle hingga acara selesai berlangsung. Namun pihaknya belum sempat ikut tanda tangan deklarasi.

“Iya beliau pun langsung titip ke saya selaku Sekjen,” katanya.

Pantauan di lokasi memang ada sejumlah bendera parpol di acara deklarasi tersebut. Padahal menurut PD acara ini harusnya bebas atribut dari partai politik.(nr)

Terkait

Watch Dragon ball super