Pembangunan Jalur Ganda KA Bogor-Sukabumi Serap 1.420 Tenaga Kerja

oleh
oleh
banner 970x250

Sukabumi, sketsindonews – Program padat karya pembangunan jalur ganda kereta Api (KA) Bogor-Sukabumi dapat menyerap 1.420 tenaga kerja atau 158 pekerja setiap harinya. Hal ini tentunya dapat memberikan penghasilan dan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar.

Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai meninjau program padat karya jalur ganda KA di Desa Tenjoayu, Sukabumi pada Sabtu (7/4).

banner 300x600

“Kita memang secara khusus minta kepada kontraktor harus mengalokasi sebagian pekerjaan itu untuk tenaga manusia. Jadi ini sifatnya bukan bantuan tapi pekerjaan padat karya tunai. Artinya semua pekerjaan yang memungkinkan dikerjaan oleh tenaga manusia dikerjakan oleh saudara-saudara kita,” ujarnya.

Lanjut Menhub, “Sebagai gambaran biasanya 8% dari pekerjaan konstruksi itu bisa dialokasikan sebagai pekerjaan (padat karya) tersebut. Nah untuk program padat karya kita rencanakan kira-kira 1.400 orang pekerja di proyek ini selama 3 bulan.”

Lebih lanjut, setiap pekerja yang bekerja dapat memperoleh penghasilan sekitar Rp. 3 juta/ bulan atau sesuai dengan Upah Minimum Regional (UMR).

“Kira-kira perhari pekerja mendapat Rp. 100 ribu. Kurang lebih kalau full (bekerja) mendapat Rp. 3 juta. Tapi kalau tidak mereka mendapat Rp. 2.6 juta. Semua itu sesuai UMR ya,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.