Home / Opini / Pemekaran Bisa Selesaikan Masalah Di Papua
(Kiri) Ketua Barisan Merah Putih, Willem Frans Ansanay mengenakan Kemeja Putih list Merah saat menghadiri Rembuk Nasional Aktivis 98, Minggu (01/7).

Pemekaran Bisa Selesaikan Masalah Di Papua

Jakarta, sketsindonews – Permasalahan di Papua yang berulang kali terjadi bahkan tidak jarang mengakibatkan hilangnya nyawa dapat diselesaikan dengan diadakan pemekaran.

Usulan tersebut diutarakan oleh Ketua Barisan Merah Putih dan juga Dewan Penasehat Generasi Cinta NKRI, Willem Frans Ansanay saat ditemui di Gelanggang Remaja, Jakarta Pusat saat menghadiri Rembuk Nasional Aktivis 98, Minggu (01/7).

“Memecahkan masalah Papua ini gampang, kalau pemerintah ada etikat baik, katakan ada wilayah yang geografi begitu menantang, maka jangan digunakan pembagian wilayah berdasarkan jumlah penduduk tapi liat saja luas wilayah,” jelas Frans.

Dia menambahkan, “Liat luas wilayah kemudian dimekarkan, jadi sehingga ada pendekatan, kalau sudah pendekatan katakan ada satu Kodam di pegunungan mungkin akan jauh lebih baik.”

Hal tersebut diutarakan, karena menurutnya beberapa kejadian tersebut diakibatkan letak geografis yang sulit untuk dijangkau.

“Indikator pemerkaran yang berdasarkan demografi itu jangan digunakan di Papua, harus dilihat berdasarkan geografi,” tegasnya lagi.

Dia juga berharap agar pemerintah tidak terlalu mendengarkan asumsi-asumsi yang mengatakan jika diadakan pemekaran maka akan menimbulkan masalah.

“Karena kalau tidak, sampe 5 atau 10 tahun ke depan akan sama saja,” tandasnya.

(Eky)

Check Also

Ablaho, Politik Hilang Makna.

Jakarta, sketsindonews – Belakangan dinamika politik bangsa mengalami pergeseran pola. Di tengah suasana kampanye pemilihan …

Watch Dragon ball super