Back

Media Terpercaya

Pemerintah Kaji Kuburan Kuno Bertulis Arab Pegon di Sumenep

Sumenep, sketsindonews – Pemerintah Kabupaten Sumenep akan mengkaji dan meneliti kuburan kuno bertulis arab pegon yang ditemukan warga di sebuah bukit perbatasan desa antara Desa Batang-Batang Laok dan Batang-Batang Daja, Kecamatan Batang-Batang. 

“Pemerintah sebenarnya sudah mendapat laporan dari tim ahli cagar budaya (TACB). Di kuburan itu hanya tertulis angka-angka, kita tidak tahu itu kuburan siapa, ini masih belum jelas,” kata Kabid Kebudayaan, Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep Roby, Jumat (1/5/20). 

Menurut Roby, memang pada batu-batu nisannya memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri, misalkan bertuliskan arab pegon, bercorak langgam Madura, dan ada batu kumbung kuning yang mengelilingi batu-batu nisan tersebut. 

“Maka di bukit ini tidak berlebihan bila disebut menjadi salah satu saksi bisu seni arsitektur Islam berlanggam Madura yang ada di Kabupaten Sumenep,” ujar Roby. 

Meski demikian, pihaknya masih belum bisa memastikan masuk sebagai cagar budaya daerah, sebelum ada penelitian resmi dari pemerintah. Salah satunya dengan bantuan literasi penguat dari makam kuno Islam, kemudian dibantu dengan penelitian yang dapat melacak asal-muasal keturunan kuburan tersebut. 

“Jadi kami belum tahu secara betul itu kuburan siapa, yang jelas masih harus dilakukan banyak pendalaman dan penelitian,” paparnya. 

Roby menjelaskan, setiap temuan sejarah, baik berupa benda atau beragam ragam jenis lainnya, dapat dijadikan cagar budaya, dengan syarat sudah diteliti resmi pemerintah. Meski begitu, pihaknya menyarankan setiap temuan sejarah agar diusulkan kepada pemerintah. 

“Jadi sampaikan saja, nanti melalui Disparbudpora yang akan mengusulkan ke TACB untuk diteliti. Tapi harus diketahui bahwa cagar budaya itu harus didata asal-usulnya bagaimana, jangan karena ada temuan kuburan lama langsung diklaim cagar budaya, itu yang tidak bisa,” tandasnya.

Sebelumnya, warga Kecamatan Batang-Batang dihebohkan dengan penemuan sembilan kuburan kuno di sebuah bukit oleh warga yang mengaku mendapat risalah dari paranormal. 

Satu-persatu situs itu, memang terdapat seni arsitektur Islam, salah satunya dapat dilacak pada bentuk makam dan nisan kubur, dengan luas kuburan kisaran 500 meter persegi atau setengah hektar.

(nru/pwk) 

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.