Home / Berita / Metropolitan / Pemkab Sumenep Asah Santri dan Alumni melalui Program Kewirausahaan

Pemkab Sumenep Asah Santri dan Alumni melalui Program Kewirausahaan

Sumenep, sketsindonews – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, bakal mengasah santri dan alumni di Kota Keris melalui program Kewirausahaan sebagaimana direncanakan pemerintah.

Program tersebut merupakan salah satu visi misi Bupati dan Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi dan Dewi Khalifah yakni program Pelatihan Kewirausahaan Pemuda dan Santri Millenial Entrepreneur.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan, tujuan dari program ini sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penguatan ekonomi berbasis kawasan dari hulu ke hilir.

“Program wirausaha muda pemula untuk menghasilkan wirausaha muda dari kalangan santri dan alumni pesantren yang aktif di Pondok Pesantren (Ponpes), guna mengelola potensi di sekitar Ponpes menyosong industrialisasi 4.0,” kata Fauzi, Rabu (14/7).

Selain itu program tersebut untuk membangun jejaring bagi para santri dan alumni yang aktif di pondok pesantren, baik secara mandiri atau bersama-sama dengan satu sistem jaringan pengembangan usaha santri millenial entrepreneur.

Ia menyatakan, kegiatan wirausaha muda pemula ini lebih menekankan pada empat pelatihan yakni, digital marketing dan otomotif, desain animasi, produk pangan dan pelatihan skill individu, yang dibagi menjadi empat plasma ini melibatkan sekitar 500 wirausaha muda pemula.

“Ratusan peserta itu utusan desa untuk pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), utusan kecamatan dan utusan pondok pesantren,” ujarnya.

Kegiatan ini juga melibatkan pondok pesantren dan lembaga pendidikan keislaman di Kabupaten Sumenep sebanyak 109 lembaga, alumni dari pondok pesantren serta lembaga keislaman yang mandiri baik di Kabupaten Sumenep atau luar daerah.

“Kami melibatkan pula tenaga muda terampil berlatar belakang organisasi Islam, alumni lembaga Islam dan pondok pesantren,” jelas dia.

Diketahui, program wirausaha muda pemula dengan tema santri millenial entrepreneur 2021 merupakan wujud nyata dari visi-misi Bupati Achmad Fauzi dan Wakil Bupati Dewi Khalifah.

(nru/jkt)

Check Also

Barisan Merah Putih RI Papua Dukung Penegakan Hukum Terhadap Koruptor di Papua

Jakarta, sketsindonews – Aktivis 98, Arlon H P Sinambela menyebut bahwa penegakan hukum tehadap Gubernur …

Watch Dragon ball super