Home / Artikel / Pemko Jakarta Pusat Selalu Kecolongan Problem Utilitas Hasil Galian Kabel Dibiarkan Berantakan

Pemko Jakarta Pusat Selalu Kecolongan Problem Utilitas Hasil Galian Kabel Dibiarkan Berantakan

Jakarta, sketsindonews – Akibat galian kabel yang diletakan di trotoar di Jalan Letjen Suprapto, tepatnya di dekat Halte Yarsi Depkes, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, terlihat berantakan akibat galian hasil kabel utilitas. Padahal, keberadaan fasilitas umum tersebut belum lama diperbaiki Pemkot Jakarta Pusat.

Padahal trotoar itu baru saja usai dikerjakan Sudin Bina Marga, namun kini hanya beberapa bulan sudah hancur oleh utilitas, ini yang kerap terjadi Pemko selalu kecolongan dalam hal kordinasi perbaikan utilitas antar instansi.

Yah begitulah Pemda DKI karena lemahnya koordinasi antar instansi yang selama ini masih menjadi masalah tentang siapa yang harus bertanggung jawab keberadaan sarana yang sudah baik kembali hancur, ujar Dian (32) warga yang melintas. (5/12)

Ia pun sempat menyayangkan kondisi rusaknya trotoar tersebut, dan minta agar kembali diperbaiki sesuai hasil yang telah dikerjakan bagi fasilitas umum.

Hal serupa pun dikeluhkan Santoso (26), pejalan kaki. Dalam hal ini, ia pun mempertanyakan pengawasan Sudin Bina Barga Jakarta Pusat, karena rusaknya trotoar.

“Saya nggak habis pikir, bagaimana ijinnya bisa sampai keluar seperti ini. Kalau pun ada galian, baiknya tidak sampai bikin rusak trotoar,” ungkapnya.

“Banyak hal yang terjadi usai adanya galian utilitas, pertama pengerjaan hasilnya dibiarkan begitu saja sehingga merusak dan menganggu pejalan kaki.”

Kedua, hasil yang dikerjakan pihak instansi terkait dalam pengerjaan ulang asal jadi tidak lagi simetris bahkan asal pasang saja.

Ketiga, adanya pemerintah DKI tak mengontrol dan yang disalahkan pihak para Lurah dalam monitor, padahal ijin itu semuanya menjadi domain PTSP Dinas Provinsi DKI Jakarta dalam perijinan syarat bahkan konsekwensi pekerjaan.

Seperti yang terlihat di lokasi, galian kabel utilitas yang ada di depan Halte Yarsi Depkes tersebut telah mencapai sekitar 10 meter. Beton trotoar yang ada disekitar, rusak karena digali untuk menanam kabel. Pengerjaannya pun, diperkirakan telah berlangsung selama seminggu lebih.

Sementara Lurah Cempaka Putih Timur, Sri Hatmo, mengatakan hari ini kami sudah cek langsung keberadaan galian Kabel hasil utilitas oleh staff kami secara langsung, termasuk mengenai ijinnya, kami belum mandapat informasi lanjutan terhadap rusaknya trotoar dan onggokan pekerjaan yang dibiarkan.

reporter : nanorame

 

 

Check Also

Security Pos Warga Kelurahan Kebon Kosong

Jakarta, sketsindonews – Security Pos Warga Kebon Kosong Kecanatan Kemayoran lakukan pengamanan terpadu Ramadhan 1439 …

Watch Dragon ball super