Back

Media Terpercaya

Pemprov DKI Harus Pastikan Aktivitas Pergerakan Manusia Harus Normal Secara Ekonomi

Jakarta, sketsindonews – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya memutuskan jadwal operasional busTransJakarta, MRT, dan LRT dipersingkat. Tak hanya itu, rute operasional TransJakarta juga dipotong untuk mengurangi interaksi publik dalam antisipasi Covid -19.

“TransJakarta yang saat ini melayani 248 rute akan dikurangi secara signifikan hanya 13 rute. Hanya 13 rute yang beroperasi. TJ yang semula 24 jam, jadi jam 6 pagi sampai jam 6 sore,” ujar Anies.

Selain itu, jadwal keberangkatan MRT juga diubah. Anies mengatakan MRT akan berangkat setiap 20 menit, singkat Anies dalam melakukan semi lock out perkembangan ekspansi Covid -19.

Dalam kesempatan lain Pengamat Urban Nirwono Joga saat di hubungi sketsindonews menyatakan, patut dicatat dalam kebijakan ini oleh Gubernur yang diliburkan adalah anak sekolah bukan kantor sebagai bentuk komitmen pemerintah DKI Jakarta.

“Sementara ajakan untuk bekerja dari rumah juga tidak akan efektif karena semua kantor tetap harus bekerja seperti biasa. Para pekerja ini hrs berangkat kerja bisa naik kendaraan pribadi (jika punya) maupun terpaksa naik angkutan umum dengan risiko terkena virus corona.”

“Pemerintah harus memastikan seluruh kegiatan libur total dalam 14 hari kedepan baik sekolah maupun kantor. Namun juga harus dipastikan jika harus belajar dan bekerja di rumah bagaimana SOPnya,” terang Joga, senin (16/3/20).

Perlu juga dipikirkan bagaimana dengan pekerja seperti petugas cleaning service, satpam, tukang parkir, petugas anggota sampah PPSU, hingga PKL yang harus bertahan hidup secara harian tanpa kepastian penghasilan jelas tidak mungkin berdiam diri di rumah selama 2 pekan tanpa kepastian pedapatan untuk keluarga secara ekonomi.

“Yang paling memungkinkan Kota Jakarta tetap berkegiatan seperti biasa khususnya perkantoran dengan tetap waspada dan pengawasan yang sangat ketat di ruang – ruang publik seperti stasiun terminal pasar dan perkantoran kantor,” paparnya.

(Nanorame)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.